Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak Tunagrahita di SLB Negeri Binjai Provinsi Sumatera Utara

Danu Dwi Nugraha(1), Asep Ahmad Sopandi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130234

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh orang tua yang belum terlalu mengerti dalam mengembangkan potensi anak tunagrahita yang akibatnya fakta dilapangan anak tunagrahita ini potensinya tidak berkembang. Penelitian ini bertujuan pertama untuk menggambarkan peran orang tua sebagai motivator, kedua untuk mengetahui peran orang tua sebagai fasilitator, ketiga untuk melihat peran orang sebagai mediator. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian adalah orang tua. Jumlah keseluruhan informan adalah 2 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang memiliki anak tunagrahita di SLB Negeri Binjai  sudah melaksanakan perannya sesuai dengan tanggung jawab sebagai orang tua, sebagaimana yang dijelaskan pada teori peran.


Keywords


Peran orang tua, tunagrahita

References


Gunarsa. (2012). Psikologi Pembimbing. Libri.

Hasanah,U. Dacholfany, M. . (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Amzah.

Kirk,S.,Gallagher,J.,Coleman, M. . (2015). Educating Exceptional Children. Cangange Learning.

Kurniawan,H.,Sikhah, B. (2018). Cara Terbaik Mendidik Anak. Media Cerdas.

Maulidiyah, F. N. (2020). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan, 29(2), 93–100. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647

Nurmeliawati, T. (n.d.). Modul Guru Pembelajaran SLB Tunagrahita. Direktorat Guru dan tenaga Kependidikan.

Rijkiyani, R. P., Syarifuddin, S., & Mauizdati, N. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age. Jurnal Basicedu, 6(3), 4905–4912. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2986

Sari, D. (2017). Peran Orangtuan dalam Memotivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 25 November 2017, November, 1–43.

Soekanto, S. (2015). Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali Press.

Sugiyono. (2019). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alvabeta.

Susilawati, N. (2020a). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Potensi Anak Berbakat Gifted. Jurnal Sikola, 2(2), 135–146.

Susilawati, N. (2020b). View of Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Potensi Anak Berbakat (Gifted).pdf (pp. 135–146).

Uta, P. (2021). Mengembangkan Potensi Diri. Pintar Pustaka.

Widiastuti,N.L.G.K., Winaya, I. A. M. . (2019). Prinsip Khusus dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 116–126.

Wiyani, A. N. (2016). Konsep Dasar Paud. Gava Media.


Article Metrics

 Abstract Views : 40 times
 PDF Downloaded : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.