Profil Peserta Didik Down Syndrome (X) Berprestasi Pada Bidang Olahraga Bocce Di SLB-E Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sumatera Utara
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130233
Full Text: Language : en
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi penulis menemukan seorang siswa down syndrome yang memiliki prestasi non akademik yang baik dibidang olahraga bocce. Siswa down syndrome X merupakan salah satu siswa di SLB E Negeri Pembina Tk.Provinsi. Keterbatasan yang dimiliki tidak menghabat X dalam meraih prestasi, hal itu telah dibuktikan dengan beberapa prestasi yang telah diraihnya, mulai dari tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan prestasi yang diraih (X) dalam olahraga bocce, peran guru dalam mengembangan prestasi (X), peran orang tua dalam mengembangan prestasi (X), kendala yang di hadapi (X) dalam meraih prestasi, solusi (X) mengatasi permasalahan dalam meraih prestasi non akademik dibidang Olahraga bocce. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian X. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dan guru sangat mempengaruhi dalam meningkat prestasi non akademik siswa down syndrome pada bidang olahraga bocce.
Keywords
References
Allicia, M. D. R. A. (2020). Resiliensi Ibu Dari Anak Dengan Down Syndrome Yang Berprestasi Dalam Bidang Olahraga. Jurnal Experientia, 8(1), 47–58. https://doi.org/https://doi.org/10.33508/exp.v8i1
Prima, E. (2020). Peranan Orang Tua dalam Mengembangkan Bakat Anak Usia Dini. Al Fitrah Journal Of Early Childhood Islamic Education, Volume 2(Nomor 3), 119–131.
Siti Nurzannah. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran. ALACRITY : Journal Of Education, 2(3), 26–34. http://lpppipublishing.com/index.php/alacrity
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alvabeta.
Taufan, J. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Olahraga Bocce bagi Anak Down Syndrome di SLB Negeri 1 Lubuk Basung. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 9(2), 15–24.
Yulista, K., Tri Samiha, Y., Zainuri, A., & Raden Fatah, U. (2020). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa SMP. Studi Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(20), 129–148.
Article Metrics
Abstract Views : 33 timesPDF Downloaded : 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.