Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi penulis menemukan seorang siswa down syndrome yang memiliki prestasi non akademik yang baik dibidang olahraga bocce. Siswa down syndrome X merupakan salah satu siswa di SLB E Negeri Pembina Tk.Provinsi. Keterbatasan yang dimiliki tidak menghabat X dalam meraih prestasi, hal itu telah dibuktikan dengan beberapa prestasi yang telah diraihnya, mulai dari tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan prestasi yang diraih (X) dalam olahraga bocce, peran guru dalam mengembangan prestasi (X), peran orang tua dalam mengembangan prestasi (X), kendala yang di hadapi (X) dalam meraih prestasi, solusi (X) mengatasi permasalahan dalam meraih prestasi non akademik dibidang Olahraga bocce. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian X. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dan guru sangat mempengaruhi dalam meningkat prestasi non akademik siswa down syndrome pada bidang olahraga bocce.