Meningkatkan Kemampuan Kemampuan Mengenal Abjad Bisindo melalui Model Pembelajaran Scramble bagi Anak Tunarungu

Puja Dwi Sonia(1), Zulmiyetri Zulmiyetri(2), Elsa Efrina(3), Johandri Taufan(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130079

Full Text:    Language : en

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah model pembelajaran scramble dapat
meningkatkan kemampuan mengenal aksara Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO)
pada siswa tunarungu kelas III/C di SLB Perwari Padang. Penelitian ini
menggunakan desain eksperimen Single Subject Research (SSR) dengan
format ABA. Analisis menghasilkan 10 observasi dengan menggunakan data grafik visual. Hasil
pada setiap kondisi adalah sebagai berikut: baseline (A1) sebesar 28%, 28%, dan 28%;
fase intervensi (B) sebesar 52%, 89%, 89%, dan 89%; dan baseline akhir (A2) sebesar
91%, 91%, dan 91%. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa model pembelajaran scramble
secara signifikan meningkatkan kemampuan mengenal aksara BISINDO pada
siswa tunarungu.


Keywords


Model pembelajaran scramble, abjad Bisindo, tunarungu

References


Zulmiyetri, Z. (2018). Aplikasi Korektor Kalimat Berbasis Android Untuk Anak Tunarungu. INVOTEK: Jurnal Inovasi

Vokasional Dan Teknologi, 18(2),41-48. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.267

Sohimin, Aris. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruuz Media.

Handayani, S., & Megasari, R. (2020). Buku Ajar Strategi Pembelajaran Ekonomi Model-model Pembelajaran Inovatif di

era Revolusi Industri 4.0.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.


Article Metrics

 Abstract Views : 45 times
 PDF Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.