EFEKTIVITAS MEDIA TANGGA PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGURANGAN BILANGAN 1-10 PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

Regita Aiza Estiani(1), Ardisal Ardisal(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130030

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di SLB Al-Azhar Bukittinggi. Seorang peserta didik Tunagrahita Ringan yang masih belum maksimal dalam pengurangan jumlah 1-10. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengurangan angka 1-10 dengan menggunakan Media Pembelajaran Tangga Pintar. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR). Dengan desain AB. Analisis data dijelaskan dengan grafik visual. Teknik dalam pengumpulan data berupa tes dan alat pengumpulan data soal tes. Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik Tunagrahita Ringan di Kelas IV SLB Al-Azhar Bukittinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan pada kondisi baseline (A1) yang dilakukan sebanyak tiga kali pengamatan dan memperoleh persentase stabil 27%. Pada kondisi Intervensi (B) yang dilakukan sebanyak sembilan kali pengamatan dengan memperoleh persentase stabil 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan media pembelajaran Tangga Pintar dapat meningkatkan kemampuan pengurangan bilangan 1-10 bagi anak Tunagrahita Ringan.

Keywords


Media Tangga Pintar, Bilangan 1-10, Tunagrahita Ringan.

References


Elbelrl, K., Welgschelildelr, W., Abstreliltelr, G., Celrva, H., & Oppolzelr, H. (1991).

Symmeltry propelrtilels of short pelrilod (001) Sil/Gel supelrlattilcels. Supelrlattilcels and Milcrostructurels, 9(1), 31–33. https://doil.org/10.1016/0749-6036(91)90087-8

Ilndra, P. R. C. (2021). Silnglel Subjelct Relselarch (teloril dan ilmplelmelntasilnya: suatu pelngantar). Iln Journal of Chelmilcal Ilnformatilon and Modellilng (Vol. 53, Nomor 9). http://elprilnts.uad.ac.ild/ild/elprilnt/24309

Jonkelneldil. (2017). Pelnggunaan Meldila Tilga Dilmelnsil untuk Melnilngkatkan Kelaktilfan Silswa dalam Pelmbellajaran IlPA. Jurnal Pelndildilkan Guru Selkolah Dasar, 6(6), 590–598.

Kasilyatil, G. K. (2019). Pelrspelktilf Pelndildilkan Anak Tunagrahilta.

Nurhaelnil, Hakil Pranata, O., & Relspatil, R. (2019). Peldadildaktilka: Jurnal Illmilah Pelndildilkan Guru Selkolah Dasar. Jurnal Illmilah Pelndildilkan Guru Selkolah Dasar, 6(1), 58–67. http://eljournal.upil.eldu/ilndelx.php/peldadildaktilka/ilndelx

Rahman, Z & Ardilsal (2019). Pelngaruh Meltodel Tutorilal Telrhadap Keltelrampillan Selpelda Motor bagil anak Tunagrahilta Rilngan. 7, 85–92.


Article Metrics

 Abstract Views : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.