Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di SLB Al-Azhar Bukittinggi. Seorang peserta didik Tunagrahita Ringan yang masih belum maksimal dalam pengurangan jumlah 1-10. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengurangan angka 1-10 dengan menggunakan Media Pembelajaran Tangga Pintar. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR). Dengan desain AB. Analisis data dijelaskan dengan grafik visual. Teknik dalam pengumpulan data berupa tes dan alat pengumpulan data soal tes. Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik Tunagrahita Ringan di Kelas IV SLB Al-Azhar Bukittinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan pada kondisi baseline (A1) yang dilakukan sebanyak tiga kali pengamatan dan memperoleh persentase stabil 27%. Pada kondisi Intervensi (B) yang dilakukan sebanyak sembilan kali pengamatan dengan memperoleh persentase stabil 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan media pembelajaran Tangga Pintar dapat meningkatkan kemampuan pengurangan bilangan 1-10 bagi anak Tunagrahita Ringan.
Keywords
Media Tangga Pintar, Bilangan 1-10, Tunagrahita Ringan.