PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL NILAI MATA UANG MELALUI GAME EDUKASI DENGAN WORDWALL PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN

Tuti Sismonita(1), Marlina Marlina(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.129963

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang timbul ketika peserta didik dengan tunagrahita ringan menghadapi kesulitan saat berbelanja di kantin sekolah. Mereka sering kali memberikan semua uang yang mereka miliki tanpa mengetahui apakah harga kue atau jajanan yang mereka ambil sesuai dengan jumlah uang yang mereka bawa. Hasil dari permasalahan yang ditemukan oleh peneliti dalam pembelajaran matematika mengenai pengenalan nilai uang adalah dua anak tunagrahita ringan dari kelas V di SLB Aslam Kids Padang masih mengalami kesulitan dalam menunjuk dan menyebutkan nilai uang pecahan seperti Rp. 100, Rp. 200, Rp. 500, Rp. 1.000, Rp. 2.000, Rp. 3.000, Rp. 4.000, Rp. 5.000, dan Rp. 10.000. Ketika diminta menyebutkan nilai uang yang ditunjukkan, anak-anak tunagrahita tersebut sering kali ragu dan sering kali salah dalam menyebutkan nilai uang tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan penerapan media pembelajaran yang. menarik dan menyenangkan akan membantu peserta didik terlibat lebih aktif dan termotivasi dalam proses belajar serta dapat menguasai materi pengenalan nilai uang dengan baik. Oleh karena itu, penulis memilih untuk menggunakan Media game Edukasi dengan Wordwall. Jenis penelitian ini dilaksanakan sebagai penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini melibatkan kolaborasi antara peneliti dan guru sebagai rekan peneliti, sementara teman sejawat bertindak sebagai pengamat. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari empat pertemuan yang meliputi empat tahapan utama: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Keywords


Nilai Mata Uang, Game Edukasi Wordwall, tunagrahita kategori ringan.

References


Annisa, F., & Marlina, M. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047–1054.

Dian, L. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Pada Anak Tunagrahita Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gejayan. Widia Ortodidaktika, 5(8), 766–776.

Hendri, S. K., & Marlina, M. (2019). Peningkatan kemampuan bina diri melalui media audio visual pada anak tunagrahita ringan. Jurnal Pendiidkan Kebutuhan Khusus, 3(1), 12–17.

Imanulhaq, R., & Prastowo, A. (2022). Edugame Wordwall: Inovasi Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. PEDAGOGOS: Jurnal Pendidikan, 4(1), 33–41.

Maghfiroh, K., Roudlotul, M. I., & Semarang, H. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. In JPK (Vol. 4, Issue 1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Marlina, M. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus: Pendekatan Psikoedukasional.

Marlina, M. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar.

Miaz, Y. (2014). Penelitian tindakan kelas bagi guru dan dosen.

Mumpuniati, M. (2016). Pembentukan Karakter Mandiri Bagi Penyandang Disabilitas Kecerdasan Dalam Kapasitas Kemanusiaan. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 4(1), 59–66.

Ulandara, S., & Marlina, M. (2018). Efektivitas Shaping-Token Economy dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 150–155.

Ummah, K., & Mahdi, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 sampai 5 Melalui Media Wordwall bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16895–16903.

Windawati, R., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan hassil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1027–1038.


Article Metrics

 Abstract Views : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.