Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada saat peserta didik tunagrahita ringan mengalam kesulitan saat berbelanja di kantiin sekolah, yang mana saat berbelanja mereka memberikan semua uang yang dimilikinya tanpa tahu harga kue atau jajanan yang diambilnya lebih besar dari jumlah uang yang dimilikinya atau malah sebaliknya. Jenis penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian tindakankelas (Classroom Action Research). Pendekatan yang peneliti lakukan bersifat kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan bentuk kolaborasidengan guru dengan teman sejawat yaitu guru bertindak sebagai Peneliti sedangakan Kolaborator atau teman sejawat yang bertindak sebagaiObserver atau pengamat. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat pertemuan dan terdapat empat tahapan yaituperencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Hasil penelitian menggunakan Media Game Edukasi Wordwall Siswa kelas V dapatmeningkatkan hasil pembelajaran siswa melalui media. Rata-rata persentase hasil pengamatan aktivitas siswa siklus I = 58%, Siklus II=81%sementara persentase rata-rata hasil belajar siswa pra siklus =39%, siklus I = 45%, siklus II= 85%.