Meningkatkan Keterampilan Tata Cara Makan Menggunakan Metode Forward Chaining Pada Siswa Tunagrahita Sedang

Jusbianto Jusbianto(1), Gaby Arnez(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.129916

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di di SLB Minwa Kabupaten Tebo. Hasil permasalahan yang ditemukan adalah adanya seorang siswa tunagrahita ringan yang memiliki permaslahan dalam keterampilan tata cara makan pembelajaran bina diri. Penelitian inii bertuijuan untiuk meiningkatkan keiterampilan tata cara makan dengan sopan pada siswa tunagrahita sedang kelas VII di SLB Minwa Kabupaten Tebo. Berdasarkan hasil pengamatan, ditemukan bahwa beberapa siswa memiliki kemampuan dalam tata cara makan dengan sopan. Namun, metode pembelajaran yang saat ini digunakan yaitu ceramah, demonstrasi tanpa melibatkan siswa, dan penugasan belum optimal. Dalam penelitian ini, peneliti mengajarkan tata cara makan dengan sopan menggunakan metode forward chaining. Metode ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk lebih mudah mengingat setiap langkah pembuatan serta urutan tata cara makan yang lebih sederhana. Dengan pendekatan langkah demi langkah, siswa dapat lebih mudah memahami proses tersebut. Selain itu, penggunaan penguatan (reinforcement) dalam metode ini juga dapat meningkatkan motivasi siswa. Penelitiian inii meniggunakan pendiekatan peneliitian tinidakan kelias (classroom action research). Hiasil penielitian mienunjukkan bahiwa meitode forwiard chaining efektif dalam meniingkatkan keteriampilan tata cara makan dengan sopan pada siswa tunagrahita. Impliikasi diari peneilitian ini dapat membantu pengeimbangan striategi pembeilajaran di satuan pendidikan khusus.


Keywords


Disabilitas Intelektual Sedang, Forward Chaining, Pembelajaran

References


Achyar, A. (2016). Modul Guru Pembelajar Slb Tunagrahita Kelompok Kompetensi J : Penelitian Tindakan Kelas dan Perangkat Lunak Komputer Penulis. In PPPPTK TK dan PLB Bandung (p. 166).

Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Deepublish.

Arti, S. P. (2016). Efektivitas penggunaan forward chaining untuk meningkatkan kemampuan merawat diri materi makan pada anak tunagrahita sedang kelas iii di slb negeri Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Universitas Sebelas Maret.

Atto, O. A. (2014). Kemampuan Bina Diri Makan Bagi Anak Tunagrahita Kategori Sedang di Sekolah Luar Biasa Tegar Harapan Yogyakarta (Issue August).

Helawati, L. (2016). Modul Guru Pembelajar SLB Tunagrahita Kelompok Kompetensi D : Program Pengembangan Diri Anak Tunagrahita Penulis. In PPPPTK TK dan PLB Bandung.

Ira Werni, & Zulmiyetri Zulmiyetri. (2023). Dukungan Keluarga Terhadap Kemandirian Sosial Anak Tunagrahita. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan 124 Pendidikan, 2(3), 8–15.

Mustikawati, A., & Kurnianingrum, W. (2018). Penerapan Forward Chaining Dalam Meningkatkan Kemampuan Mandi Secara Mandiri Pada Remaja Dengan Mild Intellectual Disability. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(1), 154.

Mutolib, A. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita Di Smalb C Yakut Institut Agama Islam Negeri.

Nijland, M., Van Der Meer, M., & Onderwater, Y. (2018). Anak Unik: Informasi Tentang Anak-anak Tunagrahita. GagasMedia.

Refwin, R. M., & Kasiyati. (2019). Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Melalui Metode Drill ( latihan ) Pada Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(2), 24–29.


Article Metrics

 Abstract Views : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.