Meningkatkan Kemampuan Mengenal Anggota Tubuh Melalui Penggunaan Media Pop-Up Book Pada Siswa Disabilitas Intelektual Ringan

Anita Anita(1), Grahita Kusumastuti(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.129915

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh program pengenalan bagian tubuh SLBN Sri Soedewi MS Jambi yang belum maksimal. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat pertemuan. Setiap siklus mempunyai tahapan pengorganisasian, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi, dan perolehan hasil. Penelitian ini menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi sebagai metode pengumpulan data. Temuan penelitian menunjukkan dua hal: individu penyandang disabilitas intelektual dapat belajar mengenali bagian tubuh melalui penggunaan media Pop Up Book. Kedua, individu dengan disabilitas intelektual dapat menjadi lebih mahir dalam pengenalan bagian tubuh. Hal ini terbukti ketika membandingkan hasil awal kedua kelompok. yaitu A dengan 11,11%, dan S dengan 19,44%, yang semuanya berada dalam kategori kurang. Setelah dilakukan kegiatan pembelajaran hingga siklus II, skor kedua siswa meningkat menjadi 92% untuk A, dan 97% untuk S, semuanya dalam kategori sangat baik. Siklus II dilakukan karena hasil kemampuan pada siklus pertama belum mencapai nilai tertinggi, dengan hasil 56% untuk A, dan 64% untuk S dimana tingkat kemampuannya masih dengan kategori cukup baik


Keywords


Disabilitas intelektual, mengenal anggota tubuh, media Pop Up Book

References


Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.

Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221–228.

Dzuanda, B. (2011). Perancangan Buku Cerita Anak Pop up Tokoh-tokoh Wayang Berseri, Seri Gatotkaca. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Hakim, Z. F. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran basis data berbasis Android untuk kelas XI di SMK Negeri 2 Surabaya. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 1(01).

Hanifah, T. U. (2014). Pemanfaatan media pop-up book berbasis tematik untuk meningkatkan kecerdasan verbal-linguistik anak usia 4-5 tahun (studi eksperimen di TK negeri pembina bulu temanggung). BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2).

Hasibuan, E. S., & Kusumastuti, G. (2022). PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI THINGS AT HOME BAGI SISWA TUNAGRAHITA DI SLB N PADANG LAWAS UTARA. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 10(2).

Kasiyati, & Kusumastuti, G. (2019). Perspektif Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus.

Kemis & Rosnawati, A. (2013). Pendidikan anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Bandung: PT. Luxima Metro Media.

Khairina, K., Iswari, M., Nurhastuti, N., & Kusumastuti, G. (2024). Efektivitas Media Interaktif Berbasis Power Point dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Benda untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 17200–17206.

Kirk, S. A., Gallagher, J. J., Coleman, M. R., & Anastasiow, N. J. (2015). Educating exceptional children. Cengage Learning Stamford, CT.

Kusumaningrum, F. (2015). Efektivitas Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Anggota Tubuh Manusia Pada Anak Autis Kelas 2 Sd Di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta [Universitas Negeri Yogyakarta]. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Lidia, L., & Kusumastuti, G. (2022). Penggunaan Media Video Tutorial Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Layang-layang Pada Anak Tunagrahita Ringan Di kelas VIII SLB Negeri Muara Bungo. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 10(2).

Ningtiyas, T. W., Setyosari, P., & Praherdiono, H. (2019). Pengembangan media pop-up book untuk mata pelajaran ipa bab siklus air dan peristiwa alam sebagai penguatan kognitif siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 115–120.

Rahmawati, N. (2014). Pengaruh media pop-up book terhadap penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Putera Harapan Surabaya. Paud Teratai, 3(1).

Roslina, D., & Rahayu, E. (2019). Implementation of Social Assistance for Persons with Intellectual Disabilities. Asian Social Work Journal, 4(3), 1–8.

Tassé, M. J., & Grover, M. (2021). American association on intellectual and developmental disabilities (aaidd). In Encyclopedia of autism spectrum disorders (hal. 165–168). Springer.


Article Metrics

 Abstract Views : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.