Meningkatkan Keterampilan Memasang Kancing Baju melalui Media Manekin pada Anak Disabilitas Intelektual Ringan Sedang

Septia Nela Sari(1), Zulmiyetri Zulmiyetri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.129912

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran keterampilan memasang kancing baju di SLBN Sri Soedewi MS Jambi belum optimal. Penielitian inii beritujuan unituk meninigkatkan keteriampilan memasang kancing baju dengan menggunakan manekin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yaing terdiiri dairi duia siklius denigan emipat pertemiuan di setiap siklus. Setiap siklus mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan hasil. Teiknik pengiumpulan daita yaing diguinakan dailam penelitiian ini adaliah obseirvasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan dua hal: 1) proses pembelajaran keterampilan memasang kancing baju bagi anak disabilitas intelektual menggunakan media manekin, dan 2) peningkatan kemampuan anak disabilitas intelektual dalam keterampilan memasang kancing baju. Hal ini terlihat dari perbandingan hasil awal ketiga anak, yaitu SMA dengan 40%, AN dengan 50%, dan GDM dengan 43%, yang semuanya berada dalam kategori kurang. Setelah siklus II, skor mereka meningkat menjadi 86% untuk SMA, 93% untuk AN, dan 90% untuk GDM, semuanya dalam kategori sangat baik. Siklus II dilakukan karena hasil kemampuan pada siklus pertama belum mencapai nilai tertinggi, dengan hasil 70% untuk SMA, 80% untuk AN, dan 76% untuk GDM.  Maka dapat disimpulkan bahwa media manekin efektif dalam meningkatkan keterampilan memasang kancing baju pada anak disabilitas intelektual.

Keywords


Disabilitas intelektual, Memasang Kancing Baju, Media Manekin

References


Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

EKA HARIANTI, H. E. K. A. (2021). Interaksi Sosial Difabel (Studi Terhadap Penyandang Tuna Grahita Di Kota Palopo). INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27.

Ratnawati, N., & Sukamto, S. (2019). PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BAGI GURU-GURU IPS SMP DALAM UPAYA OPTIMALISASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. WIDYA LAKSANA, 8(2), 102–106.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Zaenal, R. M. (2021). Meningkatkan Numerasi Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Teams Games Tournament (TGT). JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 7(2), 49–63.

Zahro, I. F. (2018). Pengaruh bina diri untuk meningkatkan kemandirian anak disabilitas intelektual SDLBN Sumbang III Bojonegoro. Attanwir: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 9(2), 18–28.

Zulmiyetri, M. P., Safaruddin, M. P., & Nurhastuti, M. P. (2020). Penulisan karya ilmiah. Prenada Media


Article Metrics

 Abstract Views : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.