Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Aplikasi Marbel untuk Siswa Tunagrahita Ringan

Rts Musdaliva(1), Ardisal Ardisal(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.129909

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media aplikasi marbel untuk siswa tunagrahita ringan di kelas II di SLB Sri Sodewi MS,SH Jambi. Dalam  penelitian ini digunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini direncanakan terdiri dari tiga siklus, pada siklus pertama dilakukan tindakan menggunakan dain mengacu pada pendekatan menggunakan aplikasi marbel huruf. Selanijutnya siklius kediua dilakukian tiindakan berdiasarkan haisil refileksi diari siiklus pertama. Dan siklus ketiga dilakukan berdasarkan hasil refleiksi paida sikilus keidua. Setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dain refleiksi. Peneliitian inii menggunakan observasi, metode belajar, dan tes sebagai teknik pengumpulan data. Tujuan pieneliitian iinii adaliah untuik meningkatkan kemampuan sisiwa tunagrahita dalam membaca permulaan, dengan tujuan mencapai nilai yang optimal dan memuaskan seperti yang diharapkan. Analisis data menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan siswa, dengan skor awal sekitar siswa A 60% untuk Indeks Siswa Z dan 35% untuk Alternatif Instrumen, siswa A dan Z meningkat menjadi 78% pada siklus I dan mencapai 93% untuk A serta 90% untuk Z  pada siklus II, menunjukkan kategori baik hingga sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa media aplikasi marbel efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa tunagrahita di SLB Sri Sodewi MS,SH Jambi

Keywords


Aplikasi marbel, kemampuan membaca, tunagrahita ringan

References


Desiningrum, D. R. (2017). Psikologi anak berkebutuhan khusus. psikosain.

Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam membaca permulaan di kelas satu sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69–76.

Rachmawaty, M. (2017). Penigkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Dinding Kata (Word Wall). JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal), 2(1).

Sukardi, H. M. (2022). Metode penelitian pendidikan tindakan kelas: implementasi dan pengembangannya. Bumi Aksara.


Article Metrics

 Abstract Views : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.