The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media aplikasi marbel untuk siswa tunagrahita ringan di kelas II di SLB Sri Sodewi MS,SH Jambi. Dalam  penelitian ini digunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini direncanakan terdiri dari tiga siklus, pada siklus pertama dilakukan tindakan menggunakan dain mengacu pada pendekatan menggunakan aplikasi marbel huruf. Selanijutnya siklius kediua dilakukian tiindakan berdiasarkan haisil refileksi diari siiklus pertama. Dan siklus ketiga dilakukan berdasarkan hasil refleiksi paida sikilus keidua. Setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dain refleiksi. Peneliitian inii menggunakan observasi, metode belajar, dan tes sebagai teknik pengumpulan data. Tujuan pieneliitian iinii adaliah untuik meningkatkan kemampuan sisiwa tunagrahita dalam membaca permulaan, dengan tujuan mencapai nilai yang optimal dan memuaskan seperti yang diharapkan. Analisis data menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan siswa, dengan skor awal sekitar siswa A 60% untuk Indeks Siswa Z dan 35% untuk Alternatif Instrumen, siswa A dan Z meningkat menjadi 78% pada siklus I dan mencapai 93% untuk A serta 90% untuk Z  pada siklus II, menunjukkan kategori baik hingga sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa media aplikasi marbel efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa tunagrahita di SLB Sri Sodewi MS,SH Jambi

Keywords


Aplikasi marbel, kemampuan membaca, tunagrahita ringan