Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan 1-10 Menggunakan Media Papan Pintar pada Disabilitas Grahita Ringan Kelas III SDLB

Febri Adriansyah(1), Johandri Taufan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.129908

Abstract


Penelitian ini dilataribelakangi oleh masiih rendaihnya kemiampuan menigenal bilangan 1-10 pada disabilitas grahita kelas III di SDLB Muaro Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk memiperoleh datia dain infoirmasi tentiang kemamipuan mengenal bilangan 1-10 pada disabilitas grahita setelah diberikan tindakan berupa penggunaan media papan pintar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas, yanig menigajar dii keilas IIiI pada disabilitas grahita di SLB Muaro Jambi, yang berjumlah dua siswa. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan dua siklus, pada setiiap siklus terdiiri dairi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapaun skor hasil akhir yang diperoleh siswa dengan dua siklus yaitu siswa RF 58%, dan WD 41,6% pada tindakan siklus I dan pada siklus II memperoleh skor nilai siswa RF 83,33%, dan WD 75%. Berdasarkan dari data tersebut kesimpulan yang diperoleh siswa mengalami peningkatan dalam kemampuan mengenal bilangan 1-10 menggunakan media papan pintar

Keywords


Bilangan 1-10, papan pintar, disabilitas grahita ringan

References


Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). buku cepi - Copy.pdf. In Evaluasi Program Pendidikan (hal. 228).

Avirudini, K. (2018). Pengembangan Media 3 Dimensi Busy Book Pada Tema Alat Transportasi Sub Tema Macam-Macam Transportasi Di Tk Kelompok a Kartika Iv-92 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2), 1–7.

Febrisma, N. (2013). Upaya Meningkatkan Kosa Kata Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 109–121.

Ghazi, R. H., Amsyaruddin, A., & Irdamurni, I. (2018). Video Tutorial untuk Meningkatkan Keterampilan Memasang Kampas Rem bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(1), 7. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i1.29

Ilmiah, J., & Khusus, P. (2013). E-JUPEKhu E-JUPEKhu. 2(September), 537–547.

Kena Gustika sari, Irdamurni, I. (2020). Efektivitas Video Tutorial Untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Souvenir Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 148–153. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i2.679

Laili S. Cahya. (2013). BUKU ANAK UNTUK ABK. familia pustaka keluarga.

Louk, M. J. H., & Sukoco, P. (2016). Pengembangan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan motorik kasar pada anak tunagrahita ringan. Jurnal Keolahragaan, 4(1), 24. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.8132

Mardi Fitri, D. G. R. K. Z. P. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi Abk. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 40. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10424

Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Yanti, D. R., Biasa, L., Pendidikan, F. I., & Padang, U. N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Menyebrang Jalan Bagi Anak Tunagrahita Melalui Metode Role Playing. 7(2), 2075–2079.

(Nurrita, 2018)Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). buku cepi - Copy.pdf. In Evaluasi Program Pendidikan (hal. 228).

(Salsabila et al., 2020)Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221


Article Metrics

 Abstract Views : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.