Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Dasar Menggunakan Metode Outdoor Learning bagi Siswa Tunagrahita Sedang Kelas X Di SLB N 1

Fanisha Yulianti(1), Jon Efendi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.129889

Abstract


 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran di luar ruangan dapat meningkatkan kemampuan siswa tunagrahita untuk mengenali warna dasar. Metode pembelajaran luar ruangan adalah kegiatan di luar kelas yang membuat pembelajaran di luar kelas menarik dan menyenangkan. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain berbentuk A1-B-A2. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita sedang kelas X/C di SLB Negeri 1 Bukittinggi. Pengumpulan data menggunakan teknik tes yang terdiri dari beberapa soal. Selanjutnya penggunaan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan visual grafik. Hasil analisis diperoleh dari 16 kali pengamatan, yang diambil pada setiap kondisi yaitu pada fase baseline (A1) dengan perolehan 0%, 0%, 0% dan 0%. Selanjutnya pengamatan pada fase intervensi (B) dengan perolehan persentase 25%, 41,6%, 58,3%, 58,3%, 75%, 83,3%, 83,3% dan 83,3%. Pengamatan terakhir yang dilakukan pada fase baseline (A2) dengan persentase yaitu 75%, 83,3%, 83,3%, dan 83,3%. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran di luar ruangan dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna bagi siswa tunagrahita sedang.


Keywords


Mengenal Warna Dasar; Metode Outdoor Learning; Tunagrahita Sedang;

References


Alvan Hazhari, Marini Magdalena, & Warsih. (2021). Analisis Penggunaan Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia Dini. JoEE: Journal of Earlychildhood Education, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.54438/joee.v2i1.242

Crismono, P. C. (2017). Pengaruh outdoor learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 5(2), 106–113.

Desiningrum, D. R. (2017). Psikologi anak berkebutuhan khusus. psikosain.

Husamah, H. (2013). Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning). Research Report.

Taqwan, S. H. B. (2019). Pengaruh pembelajaran luar kelas (outdoor learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas vii smp negeri 05 seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 10–18.

Widodo, S. A., Kustantini, K., Kuncoro, K. S., & Alghadari, F. (2021). Single Subject Research: Alternatif Penelitian Pendidikan Matematika di Masa New Normal. Journal of Instructional Mathematics, 2(2), 78–89. https://doi.org/10.37640/jim.v2i2.1040


Article Metrics

 Abstract Views : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.