Meningkatkan Kemampuan Gerakan Sholat Menggunakan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Siswa Disabilitas Intelektual Ringan

M Warits Aknura(1), Mega Iswari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.129818

Abstract


Dua orang siswa Disabilitas Intelektual Ringan (MY dan RS) mengalami kesulitan dalam melakukan gerakan shalat. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti menggunakan video tutorial dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Peneliti bekerja sama dengan guru kelas VI, dengan peneliti bertindak sebagai instruktur dan kolaborator sebagai pengamat. Siklus penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes (tes lisan dan praktik). Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berwudhu, dengan kemampuan awal MY sebesar 45% dan RS sebesar 40%. Pada siklus I, kemampuan MY meningkat menjadi 80% dan RS menjadi 70%. Pada siklus II, kemampuan MY meningkat lagi menjadi 98% dan RS menjadi 95%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa gerakan shalat siswa Disabilitas Intelektual Ringan dapat ditingkatkan melalui penggunaan video tutorial.

Keywords


Gerakan Sholat, disabilitas Intelektual Ringan, Media Video Tutoria

References


APA. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: DSM-5TM, 5th ed. In Diagnostic and statistical manual of mental disorders: DSM-5TM, 5th ed. American Psychiatric Publishing, Inc. American Psychiatric Publishing,.

Arikunto, Suharsimi Suhardjono, S. (2019). Penellitian Tindakan Kelas (Suryani (ed.); Edisi Revi). Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2003). Media Pembelajaran Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Cahayanik, N. N. (2011). Bimbingan Anak-anak Bersholat. Karya Ilmu.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya.

Ginting, S. B., & Zulmiyetri. (2022). Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Smoothies bagi Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(1), 3742. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/101617

Hildayani, R. (2005). Penanganan Siswa Berkelainan. Universitas Terbuka.

Maisyaroh, Zulkarnain, W., Setyowati, A. J., & Mahanal, S. (2014). Masalah Guru dalam lmplementasi Kurikulum 2013 dan Kerangka Model Supervisi Pengajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(3), 213220.

Marlina. (2015). ASESMEN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Pendekatan Psikoedukasional) (Y. Hayati (ed.)). UNP Press Padang.

Meigawati, I. (2022). Disabilitas Intelelktual: Need_Help (A. t. Prabawati (ed.)). 76 CV.Andi Offet.

Putri, R. E., & Iswari, M. (2018). Media Pembelajaran video tutorial dalam keterampilan membuat boneka dari kaus kaki bagi anak tunagrahita. JUPPEKhu, 6(1), 178185.

Rifai, M. (2018). Risalah Tuntunan Shalat Lengka. PT Karya Toha Putra.

Sahputra, E., Reswan, Y., & Baihaqi, I. (2020). MultiMedia Pembelajaran Interaktif Pengenalan Tatacara Sholat Berbasis Animasi 3D Untuk Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Media Pembelajaran Infotama, 16(1), 3236. https://doi.org/10.37676/jmi.v16i1.1118


Article Metrics

 Abstract Views : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.