Efektivitas Metode Multisensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Tunagrahita Ringan di SLB YPPC Painan

Teti Yuspa Sari(1), Ardisal Ardisal(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.129356

Abstract


Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk melihat apakah metode multisensori mampu meningkatkan kemampuan anak tunagrahita ringan dalam mengenal lambang bilangan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan jenis eksperimen, single subject research (SSR), desain A-B-A, dan teknik pengumpulan data berupa tes perbuatan. Selanjutnya data yang didapatkan selama proses penelitian akan dianalisis menggunakan analisis visual grafik garis. Berdasarkan data-data yang didapatkan selama penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwasanya metode multisensori mampu meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1 sampai 10 bagi anak tunagrahita ringan di SLB YPPC Painan.


Keywords


Mengenal lambang bilangan, Metode multisensori, Tunagrahita ringan

References


Alhaq, A., Asnawati, R., & Sutiarso, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 2(7).

Fitri, E., & Damri, Y. H. (2013). Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan Melalui Metode Drill Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(3).

Haryono, D. (2015). Filsafat Matematika: Suatu Tinjauan Epsitemologi dan Filosofis (A. Hadis (ed.). Alfabeta.

Marlina. (2021). Singgle Subject Research, Penelitian Subjek Tunggal. Raja Grafindo Persada.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18.

Nurjanah, E. (2017). Metode Multisensori Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(2), 1-10.

Putri, C. N. (2019). Kemampuan Mengenal Bilangan Dan Lambangnya Pada Anak Kelompok A di TK Gugus Sembadra Kecamatan Gondokusuman. Pendidikan Guru PAUD S-1, 8(3), 260-268.

Utami, D. A. (2016). Perancangan Media Informasi Tentang Cara Mengenal Huruf, Warna, Dan Waktu Untuk Anak Tunagrahita. Https://Elib.Unikom.Ac.Id/, 5–21.

Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip khusus dan jenis layanan pendidikan bagi anak tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2).

Yuwono, I. (2020). Penelitian Ssr (Single Subject Research) (1st Ed.; A. P. A. Wibowo & R. A. Mursita, Eds). Banjarmasin.


Article Metrics

 Abstract Views : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.