Meningkatkan Kemampuan Membuat Tanda Tangan Melalui Latihan Menulis Permulaan Bagi Anak Low Vision

Sustari Sustari(1), Ardisal Ardisal(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.129347

Abstract


Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SLB Negeri 1 Payakumbuh ditemui siswi low vision kelas IX tidak dapat membuat tanda tangan karena belum mengetahui bentuk huruf awas, membuat garis, dan menulis nama dengan huruf awas. Untuk meningkatkan kemampuan membuat tanda tangan, anak diberikan latihan menulis permulaan huruf awas sesuai dengan pencapaian kurikulum merdeka. Siswa low vision kelas IX adalah subjek penelitian. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan eksperimen kuantitatif subjek tunggal (SSR) menggunakan desain ABA. Data dianalisis melalui grafik setelah dikumpulkan melalui pengujian perbuatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan menulis permulaan huruf awas dapat meningkatkan kemampuan membuat tanda tangan bagi anak low vision dengan perolehan nilai setiap kondisi di (A 1 ) memiliki nilai stabil sebesar 25%, (B) memiliki nilai stabil sebesar 88%, dan (A 2 ) memiliki nilai stabilnya sebesar 94%.

Keywords


Tanda Tangan, Latihan Menulis Permulaan, Anak Low Vision

References


Azka, N. A., Munirrahayu, L., & Wardana, A. E. (2022). Inclusive Education for Lowvision Students at Magelang District Elementary School Pendidikan Inklusif Untuk Siswa Low vision Di Sekolah Dasar Kabupaten Magelang. 449–457.

Floyd, J. (2010). Signature Writing for a Braille Reader.

Ismidar, R. (2013). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN HURUF AWAS BAGI ANAK LOW VISION MELALUI MODIFIKASI HURUF. E-JUPEKhu (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KHUSUS), 1, 319–331.

Kodrat, H. K. (2023). Problematika Pembelajaran Menulis Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Tsaqofah, 3(6), 1011–1017. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i6.1683

Kotimah, E. K., & Santoso, L. (2017). Urgensi Tanda Tangan dan Materai dalam Memberikan Kepastian Hukum terhadap Kontrak Waralaba (Franchise) The Urgency of Signatures and Stamps on Giving for Legal Certainty toward Franchise Contracts. 1(1), 43–63. http://ojs.uho.ac.id/index.php/holrev/

Lestarini Asmari, N., Dwiyatmi Sulasminah, D., & Usman. M.Si. Dra. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Penggunaan Media Pasir Kinetik Pada Murid Cerebral Palsy. 1–6.

Levianti, M. (2013). Penerimaan Diri Ibu yang Memiliki Anak Tunanetra. Jurnal Psikologi, 11(1), 39–49.

Prahmana, R. C. I. (2021). Single Subject Research (teori dan implementasinya: suatu pengantar). In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). UAD PRESS. http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/24309

Sunarya, I. M. G. (2013). SISTEM BIOMETRIKA IDENTIFIKASI TANDA TANGAN MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN MODEL PERCEPTRON. JURNAL INFORMATIKA, 7(1), 700–710.


Article Metrics

 Abstract Views : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.