Efektivitas Media Spindle Box Untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Pada Anak Tunagrahita

Luvia Fauziah(1), Arisul Mahdi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang 

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.129011

Abstract


Artikel ini membahas tentang efektivitas media spindle box untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan pada anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Kubung. Media spindle box adalah media yang dirancang oleh Maria Montessori dengan menerapkan konsep eksplorasi sehingga siswa berperan aktif dalam memecahkan masalah selama pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu Single Subjek Research (SSR) dengan desain A-B, analisi data menggunakan visual grafis dengan cara memasukkan data dalam grafik kemudian dianalisis berdasarkan kondisi A-B. hasil penelitian yang dilakukan menunjukkkan pada fase baseline yang dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan memperoleh skor 46,67%. 46,67%, 46,67%, dan pada fase intervensi yang dilakukan selama 7 kali pertemuan memperoleh skor 83,33%, 86,66%, 90%, 93,33%, 96,66%, 96,66%, 96,66%, berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan menggunakan media spindle box dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan 1-10 pada anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Kubung.


Keywords


Spindle box, Penjumlahan 1-10, Tunagrahita

References


Alvyenti, P., & Mahdi, A. (2022). Efektivitas Media Balok Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Bulat Puluhan bagi Anak Attention Deficit Hyperactivy Disorder. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 11(1), 1-9.

Ananda, Y., & Damri, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Tangga Pintar Bagi Anak Kesulitan Belajar Berhitung Kelas IV di SDN 06 Batang Anai. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1138-1146.

Anugrahana, Andri. (2018) Modul Montessori Area Sensorial. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press

B A B Y E-Book, Y. U., Dengan, B., & Montessori, M. (n.d.). Menyempurnakan tumbuh kembang anak sejak dini!

Cahyati Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, N., & Muhammadiyah Kuningan, S. (2019). (Metode Permainan RItmik) Nika Cahyati Permainan Ritmik Bagi Perkembangan Sosial Emosional Anak Tunagrahita Ringan. Age Universitas Hamzanwadi, 3(02), 116–125.

Faizatun, L. T. (2018). Efektivitas media spindle box terhadap kemampuan pemahaman konsep bilangan pada anak usia dini (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO).

Indra, P. R. C. (2021). Single Subject Research (teori dan implementasinya: suatu pengantar). In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Layanan Pembelajaran Siswa Tunagrahita Ringan Oleh Guru Kelas Di Sd Negeri Basin Mild Mental Retardation Student Learning Services In Sdn Basin.

Lisanika Fatiya Nur Rosyidah, A., Nur Insyia Novalia Pringadi, H., Fajeriyah, ul, & Muhammadiyah Surabaya, U. (n.d.). Analisa Kegiatan Berhitung Pada Anak Dengan Media Spindle Box Di Tk Aisyiyah 18 Asemjajar. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/incrementapedia

Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2019). Differentiated learning for students with special needs in inclusive schools.

MUSAROFAH, I. (2019). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Anak Tunagrahita Ringan (Penelitian Di Kelas III Tunagrahita SLB Yayasan Bahagia Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Sari, R. J., & Iswari, M. (2019). Meningkatkan kemampuan penjumlahan melalui media dadu bagi anak tunagrahita ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1), 166-171.

Ultabaini, R., & Kusumastuti, G. (2022). The Correlation Study: Parental Attention and Learning Motivation of Students With Intellectual Disabilities (Vol. 6, Issue 2).

Vidiyanti, W. (2018). Strategi Pembelajaran Ekspositori Bermedia Video Terhadap Hasil Belajar Matematika Anak Tunagrahita Sedang di SLB. Jurnal Pendidikan Khusus, 1-11.

Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip khusus dan jenis layanan pendidikan bagi anak tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2).


Article Metrics

 Abstract Views : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.