The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Artikel ini membahas tentang efektivitas media spindle box untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan pada anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Kubung. Media spindle box adalah media yang dirancang oleh Maria Montessori dengan menerapkan konsep eksplorasi sehingga siswa berperan aktif dalam memecahkan masalah selama pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu Single Subjek Research (SSR) dengan desain A-B, analisi data menggunakan visual grafis dengan cara memasukkan data dalam grafik kemudian dianalisis berdasarkan kondisi A-B. hasil penelitian yang dilakukan menunjukkkan pada fase baseline yang dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan memperoleh skor 46,67%. 46,67%, 46,67%, dan pada fase intervensi yang dilakukan selama 7 kali pertemuan memperoleh skor 83,33%, 86,66%, 90%, 93,33%, 96,66%, 96,66%, 96,66%, berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan menggunakan media spindle box dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan 1-10 pada anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Kubung.


Keywords


Spindle box, Penjumlahan 1-10, Tunagrahita