MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGONTROL EMOSI MELALUI PERMAINAN MONOPOLI PADA ANAK ATTENTIN DIFICIT HYPERACTIVITY DISORDER

Farah Fadhillah(1), Jon Efendi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.128588

Abstract


Artikel ini mangulas tentang meningkatkan kemampuan mengontrol emosi melalui permainan monopoli pada anak Attentin deficit hyperactivity disorder. Riset ini memakai tipe riset kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dalam bentuk single subject research (SSR). Dengan desain A- B- A. Informasi dianalisis dengan analisis visual grafik. Metode dalam pengumpulan informasi berbentuk uji serta perlengkapan pengumpulan informasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terjadinya penurunan frekuensi marah berlebihan pada siswa Attentin deficit hyperactivity disorder melalui permainan monopoli. Hal ini dibuktikan dengan kondisi A1 pesentase 75% dengan frekuensi 3,5,5,5. Kondisi B presentase 85% dengan frekuensi 5,6,6,7,9,9,9, dan kondisi A2 presentase 75% dengan frekuensi 3,5,5. Setelah dianalisis maka permainan monopoli tidak dapat mengurangi emosi marah bagi siswa Attentin deficit hyperactivity disorder.


Keywords


permainan monopoli, mengontrol emosi, Attention Hyperactivity Disorder

References


Adiputra, I. M. S., Sutarga, I. M., & Pinatih, G. N. I. (2015). Faktor Risiko Attention Deficit Hyperactivity Disorder

(ADHD) pada Anak di Denpasar. Public Health and Preventive Medicine Archive, 3(1), 35–39.

https://doi.org/10.15562/phpma.v3i1.84

Alrefaai, I., & Shah, S. A. (2020). The Role of Emotional Intelligence in the EFL Classroom: Reflections of EFL Teachers.

Journal of Education in Black Sea Region, 6(1), 110–118. https://doi.org/10.31578/jebs.v6i1.223 Ayuningtyas,

M., CENDEKIA, N. S.-J. C., & 2022, undefined. (2022).

Pengembangan Alat Permainan Edukatif Sospoly (Sosem Monopoli) Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial

Emosional Anak Usia 5. Journal.Upy.Ac.Id, 02(02), 5–6.

http://journal.upy.ac.id/index.php/CIKAL/article/view/2239

Indra, P. R. C. (2021). Single Subject Research (teori dan implementasinya: suatu pengantar). In Journal of Chemical

Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/24309

Maharani, T. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE)

Dengan Media Monopoli Dan Ular Tangga Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran PPKN di

SMP. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9),1689– 1699. https://eprints.uny.ac.id/69018/1/tesistidi-maharani- 17730251035.pdf

Mapala, P. P., & Setyawati, S. P. (2022). Permainan Moli Quiz sebagai Sarana Melatih Keterbukaan Diri Siswa SMP Pewi.

(2), 80–90. https://doi.org/10.16194/j.cnki.31-1059/g4.2011.07.016

Mulyani, N. (2013). Perkembangan Emosi dan Sosial Pada Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif

Kependidikan, 18(3), 423–438. https://doi.org/10.24090/insania.v18i3.1470

Pahrul, Y., & Amalia, R. (2020). Metode Bermain Dalam Lingkaran dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak

Usia Dini Di Taman Penitipan Anak Tambusai Kecamatan Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini, 5(2), 1464–1471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.812

Adiputra, I. M. S., Sutarga, I. M., & Pinatih, G. N. I. (2015). Faktor Risiko Attention Deficit Hyperactivity Disorder

(ADHD) pada Anak di Denpasar. Public Health and Preventive Medicine Archive, 3(1), 35–39.

https://doi.org/10.15562/phpma.v3i1.84

Yudistira, A., Ilmiatun, N. A., Lema, E. R. M., & Hilwatus, S. (2021). Terapi Farmakologi dan Non Farmakologi pada

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD): Pharmacological and Non Pharmacological Therapies in

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Indonesian Nursing And Healthcare Research Journal, 1(1),

–30.

Suyanto, B. N., & Wimbarti, S. (2019). Program Intervensi Musik terhadap Hiperaktivitas Anak Attention Deficit

Hyperactivity Disorder (ADHD). Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 5(1), 15.

https://doi.org/10.22146/gamajpp.48584

Yonaevy, U., & Prananingrum, R. (2023). EFEKTIVITAS TERAPI BERMAIN TERHADAP GANGGUAN

EMOSIONAL PADA ANAK: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(4), 6980-


Article Metrics

 Abstract Views : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.