Meningkatkan Kemampuan Mengontrol Emosi melalui Permainan Monopoli pada Anak Attention Dificit Hyperactivity Disorder
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.128588
Full Text: Language : en
Abstract
Artikel ini mangulas tentang meningkatkan kemampuan mengontrol emosi melalui permainan monopoli pada anak Attentin deficit hyperactivity disorder. Riset ini memakai tipe riset kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dalam bentuk single subject research (SSR). Dengan desain A- B- A. Informasi dianalisis dengan analisis visual grafik. Metode dalam pengumpulan informasi berbentuk uji serta perlengkapan pengumpulan informasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terjadinya penurunan frekuensi marah berlebihan pada siswa Attentin deficit hyperactivity disorder melalui permainan monopoli. Hal ini dibuktikan dengan kondisi A1 pesentase 75% dengan frekuensi 3,5,5,5. Kondisi B presentase 85% dengan frekuensi 5,6,6,7,9,9,9, dan kondisi A2 presentase 75% dengan frekuensi 3,5,5. Setelah dianalisis maka permainan monopoli tidak dapat mengurangi emosi marah bagi siswa Attentin deficit hyperactivity disorder.
Keywords
References
Adiputra, I. M. S., Sutarga, I. M., & Pinatih, G. N. I. (2015). Faktor Risiko Attention Deficit Hyperactivity Disorder
(ADHD) pada Anak di Denpasar. Public Health and Preventive Medicine Archive, 3(1), 35–39.
https://doi.org/10.15562/phpma.v3i1.84
Alrefaai, I., & Shah, S. A. (2020). The Role of Emotional Intelligence in the EFL Classroom: Reflections of EFL Teachers.
Journal of Education in Black Sea Region, 6(1), 110–118. https://doi.org/10.31578/jebs.v6i1.223 Ayuningtyas,
M., CENDEKIA, N. S.-J. C., & 2022, undefined. (2022).
Pengembangan Alat Permainan Edukatif Sospoly (Sosem Monopoli) Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial
Emosional Anak Usia 5. Journal.Upy.Ac.Id, 02(02), 5–6.
http://journal.upy.ac.id/index.php/CIKAL/article/view/2239
Indra, P. R. C. (2021). Single Subject Research (teori dan implementasinya: suatu pengantar). In Journal of Chemical
Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/24309
Maharani, T. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE)
Dengan Media Monopoli Dan Ular Tangga Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran PPKN di
SMP. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9),1689– 1699. https://eprints.uny.ac.id/69018/1/tesistidi-maharani- 17730251035.pdf
Mapala, P. P., & Setyawati, S. P. (2022). Permainan Moli Quiz sebagai Sarana Melatih Keterbukaan Diri Siswa SMP Pewi.
(2), 80–90. https://doi.org/10.16194/j.cnki.31-1059/g4.2011.07.016
Mulyani, N. (2013). Perkembangan Emosi dan Sosial Pada Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif
Kependidikan, 18(3), 423–438. https://doi.org/10.24090/insania.v18i3.1470
Pahrul, Y., & Amalia, R. (2020). Metode Bermain Dalam Lingkaran dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak
Usia Dini Di Taman Penitipan Anak Tambusai Kecamatan Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini, 5(2), 1464–1471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.812
Adiputra, I. M. S., Sutarga, I. M., & Pinatih, G. N. I. (2015). Faktor Risiko Attention Deficit Hyperactivity Disorder
(ADHD) pada Anak di Denpasar. Public Health and Preventive Medicine Archive, 3(1), 35–39.
https://doi.org/10.15562/phpma.v3i1.84
Yudistira, A., Ilmiatun, N. A., Lema, E. R. M., & Hilwatus, S. (2021). Terapi Farmakologi dan Non Farmakologi pada
Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD): Pharmacological and Non Pharmacological Therapies in
Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Indonesian Nursing And Healthcare Research Journal, 1(1),
–30.
Suyanto, B. N., & Wimbarti, S. (2019). Program Intervensi Musik terhadap Hiperaktivitas Anak Attention Deficit
Hyperactivity Disorder (ADHD). Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 5(1), 15.
https://doi.org/10.22146/gamajpp.48584
Yonaevy, U., & Prananingrum, R. (2023). EFEKTIVITAS TERAPI BERMAIN TERHADAP GANGGUAN
EMOSIONAL PADA ANAK: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(4), 6980-
Article Metrics
Abstract Views : 89 timesPDF Downloaded : 11 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.