Meningkatkan Rasa Percaya Diri dengan Unjuk Diri pada Siswa Tunagrahita Ringan Melalui Permainan Tim

Erna Melina(1), Jon Efendi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.128568

Abstract


Artikel ini mengulas tentang penerapan tim untuk meningkatkan rasa percaya diri dengan unjuk diri khususnya menjawab pertanyaan guru pada anak tunagrahita ringan. Penelitian eksperimen ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan berdesain ABA. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini. Waktu permainan sebagai variabel x, dan rasa percaya diri dengan menunjukkan diri sebagai variabel .

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan frekuensi unjuk diri khususnya menjawab pertanyaan guru pada siswa tunagrahita ringan melalui tim permainan. Hal ini dibuktikan dengan kondisi A1 dengan frekuensi 1,2,2,2 dan persentase 75%. Kondisi B dengan frekuensi 2,4,4,5,4,5,5,5 dengan persentase 85%, dan kondisi A2 dengan frekuensi 4,5,5,5 dan persentase 75%. Setelah dijelaskan, maka tim permainan dapat mengingatkan perilaku percaya diri dengan menunjukkan diri kepada siswa tunagrahita.

 


Keywords


percaya diri, tunagrahita, permainan tim

References


Efendi, J., & J, R. A. (2020). Efektivitas model outreach counseling dalam meningkatkan kemandirian anak tunagrahita. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(2), 105–111.

Irdamurni. (2018). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Goresan Pena Anggota IKAPI, 344.

Khadijah, & Armanila. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. In Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Vol. 7, Issue 1).

Madden, A., Ph, D., Slavin, R. E., & Ph, D. (1977). Acceptance of Mainstreamed Academically.

Perdana, F. J. (2019). Pentingnya Kepercayaan Diri dan Motivasi Sosial dalam Keaktifan Mengikuti Proses Kegiatan Belajar. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 8(2), 70–87.

Pujiastuti, E., & Nurunnisa, R. (2021). Kegiatan Bermain Aktif. 4(4), 451–459.

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (n.d.). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal.

Thalib, S. B. (2016). Hubungan Kepercayaan Diri dan Harga Diri dengan Kemampuan Bergaul Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 89–100.


Article Metrics

 Abstract Views : 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.