EFEKTIVITAS METODE FERNALD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA BAGI ANAK DISLEKSIA

Intan Afrilia Sari(1), Arisul Mahdi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.128486

Abstract


Artikel ini mangulas tentang efektivitas metode fernald dalam meningkatan keahlian membaca kata memakai metode fernald untuk anak disleksia. Riset ini memakai tipe riset kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dalam bentuk single subject research (SSR). Dengan desain A- B- A. Informasi dianalisis dengan analisis visual grafik. Metode dalam pengumpulan informasi berbentuk uji serta perlengkapan pengumpulan informasi. Subjek dari riset ini ialah siswi disleksia di Kelas 5 SD di SDN 05 Kapalo Koto Padang. Hasil riset menampilkan pada keadaan baseline( A1) yang dilakukan sebanyak 3 kali pengamatan serta mendapatkan hasil 25%, 25%, 25%. Pada keadaan Intervensi( B) yang dilakukan sebanyak 7 kali pengamatan dengan mendapatkan persentase 41, 67%, 50%, 58, 33%, 75%, 91, 67%, 91, 67%, 91, 67%, 91, 67%. Pada keadaan baseline( A2) yang dilakukan sebanyak 3 kali pengamatan siswa mendapatkan persentase 91, 67%, 91, 67%, 91, 67%. Bersumber pada hasil riset dapat disimpulkan kemampuan membaca efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca kata untuk anak disleksia.


Keywords


Metode Fernald, Membaca, Disleksia

References


zzahra, S., Sitorus, P. A., Nasution, R. B., Nadya, L., & Hutasuhut, N. A. (2023). Analisis Keterampilan Membaca Lanjutan Siswa Sekolah Dasar di Kelas III–A SD Negeri 064037. ANWARUL, 3(5), 925–938.

Claranita, R., & Suprapti, V. (2022). Metode fernald Untuk Siswa Lamban Belajar, Apakah Dapat Meningkatkan Kemampuan Membacanya? Psikostudia: Jurnal Psikologi, 11(4), 551–560.

Dewi, A. C., & Aryanti, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Metode Multisensori pada Kelompok B Tk Ygws Semarang. Media Peneliti Pendidikan, 11(1), 27–34.

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Didaktika, 9(1), 2.

Harianto, Gempo, Y. M., & Lumpiha, U. S. (2023). Postes Keterampilan Membaca Kata Dasar Konsonan Rangkap Siswa Kelas 4 SD Inpres 1 Tondo. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 659–666. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.531

Haryanti, E. D. W. I. (2010). Melalui Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas I Sd Negeri 02 Mojowetan , Kecamatan Banjarejo , Kabupaten Blora ,. UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-X.7108667-2010, 117.

Hasibuan, M. H. F. (2019). Permasalahan Pada Otak (Disleksia) Berpengaruh Pada Kemampuan Berbahasa. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 78–84.

Irdamurni, Kasiyati, Zulmiyetri, & Taufan, J. (2018). Meningkatkan Kemampuan Guru pada Pembelajaran Membaca Anak Disleksia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 29.

Jannah, I., & Irdamurni. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Menggunakan Metode Fernald bagi Anak Disleksia. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 507–515.

Marlina. (2021). Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal. Raja Grafindo Persada.

Maulida, N., Cantika, Hasibuan, I. W., & Darmayanti, N. (2023). Cara guru mengenalkan huruf kepada anak yang mengalami diseleksia. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3 (3), 3659–3665.

Rofiah, N. H. (2015). Metode Pembelajaran Untuk Anak Berkesulitan Belajar Spesifik Tipe Disleksia Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca.

Rumapea, M., & Zulmiyetri. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Multimedia Interaktif Ruba Bagi Anak Disleksia Kelas III Di SDN 153068 Pinangsori 1. Juppekhu, 9(2), 77–85.

Sadiku, L. M. (2015). The Importance of Four Skills Reading, Speaking, Writing, Listening in a Lesson Hour. European Journal of Language and Literature, 1(1), 29–31.

Supena, A., & Tarjiah, I. (2022). Model Pembelajaran Membaca Untuk Anak Disleksia: Panduan Untuk Guru, Orang Tua, Dan Siapapun Yang Bekerja Untuk Disleksia. UNJ Press.


Article Metrics

 Abstract Views : 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.