Abstract
Artikel ini mangulas tentang efektivitas metode fernald dalam meningkatan keahlian membaca kata memakai metode fernald untuk anak disleksia. Riset ini memakai tipe riset kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dalam bentuk single subject research (SSR). Dengan desain A- B- A. Informasi dianalisis dengan analisis visual grafik. Metode dalam pengumpulan informasi berbentuk uji serta perlengkapan pengumpulan informasi. Subjek dari riset ini ialah siswi disleksia di Kelas 5 SD di SDN 05 Kapalo Koto Padang. Hasil riset menampilkan pada keadaan baseline( A1) yang dilakukan sebanyak 3 kali pengamatan serta mendapatkan hasil 25%, 25%, 25%. Pada keadaan Intervensi( B) yang dilakukan sebanyak 7 kali pengamatan dengan mendapatkan persentase 41, 67%, 50%, 58, 33%, 75%, 91, 67%, 91, 67%, 91, 67%, 91, 67%. Pada keadaan baseline( A2) yang dilakukan sebanyak 3 kali pengamatan siswa mendapatkan persentase 91, 67%, 91, 67%, 91, 67%. Bersumber pada hasil riset dapat disimpulkan kemampuan membaca efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca kata untuk anak disleksia.