Efektivitas Media Papan Kata dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Tunagrahita Ringan

Annisa Yulia Rahmi(1), Asep Ahmad Sopandi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i1.127565

Abstract


Tujuan pada penelitian ini ialah menjelaskan efektivitas media papan kata dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak tunagrahita ringan. Subjek pada penelitian ini yaitu anak tunagrahita ringan laki-laki berumur 9 tahun di sekolah SLB Bundo Kanduang. Metode yang dipakai pada penelitian ini ialah single subject research (SSR) dengan desaian A-B-A. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini media papan kata terbukti berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan terkait dengan membaca 10 kata benda pola KV-KV anak tunagrahita ringan. Hasil tersebut dapat diperkuat berdasarkan persentase overlape berdasarkan perbandingan antara intervensi (B) dengan baseline (A1) dan intervensi (B) dengan baseline (A2) dengan perolehan persentase yang sama yaitu sebesar 0%. Berdasarkan persentase tersebut maka dapat ditarik kesimpulannya bahwa media papan kata efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak tunagrahita ringan.


Keywords


Membaca Permulaan, Media Papan Kata, Siswa Tunagrahita Ringan

References


Gast, J. R. L. & D. L. (2018). Single Case Research Methodology Applications In Special Education And Behavioral Sciences. New York: Routledge.

Kasiyati, & Grahita Kusumastuti. (2019). Perspektif Pendidikan Anak Tunagrahita. Padang: Sukabina Press.

Larasshinta, D. (2018). Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Pada Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Mi Ma’Arif Nu Sokawera Padamara Purbalingga Tahun Pelajaran 2017/2018.

Safithry, E. A. (2018). Asesmen Teknik Tes Dan Non-Tes (1st Ed.). Purwokerto: Cv Irdh.

Sanusi, R., Dianasari, E. L., Khairiyah, K. Y., & Chairudin, R. (2020). Pengembangan Flashcard Berbasis Karakter Hewan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 37. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.745

Wahab, N. A. A., Monika, H. I., Idirani, C. E., & Puspa, P. (2023). Literasi Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Papan Kata Di TK Mekar Wangi Desa Botubarani. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 5(1), 31–38. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i1.5557


Article Metrics

 Abstract Views : 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.