Abstract
Tujuan pada penelitian ini ialah menjelaskan efektivitas media papan kata dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak tunagrahita ringan. Subjek pada penelitian ini yaitu anak tunagrahita ringan laki-laki berumur 9 tahun di sekolah SLB Bundo Kanduang. Metode yang dipakai pada penelitian ini ialah single subject research (SSR) dengan desaian A-B-A. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini media papan kata terbukti berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan terkait dengan membaca 10 kata benda pola KV-KV anak tunagrahita ringan. Hasil tersebut dapat diperkuat berdasarkan persentase overlape berdasarkan perbandingan antara intervensi (B) dengan baseline (A1) dan intervensi (B) dengan baseline (A2) dengan perolehan persentase yang sama yaitu sebesar 0%. Berdasarkan persentase tersebut maka dapat ditarik kesimpulannya bahwa media papan kata efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak tunagrahita ringan.