Meningkatkan Kemampuan Edit Video Parawisata Melalui Media Video Tutorial Bagi Peserta Didik Tunarungu

Ridwan Hisbullah(1), Ardisal Ardisal(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i1.127474

Abstract


Penelitian ini membahas tentang edit video karena ada minat peserta didik tunarungu di sekolah SLB N 1 Harau, maka dikenalkan kepada peserta didik salah satu pembahasan edit video yaitu edit video parawisata bagi peserta didk tunarungu. Tujuan pada penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan edit video parawisata pada peserta didik. Karena peserta didik kurang memahami video tutorial yang pada youtube karena ada kendala bahasa untuk mengetahui tentang edit video, maka peneliti membuat video tutorial khusus kepada peserta didik tunarungu agar bisa meningkatkan pemahaman tentang edit video, pemahaman pada fitur – fitur edit pada salah satu aplikasi yaitu aplikasi kinemaster. Penelitian tindakan kelas digunakan untuk penelitian. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan siswa, setelah dilakukan pengukuran pada siklus I, kemampuan diperoleh peserta didik meningkat, namun peningkatan diperoleh masih belum maksimal atau belum mencapai target nilai. Dilanjutkan ke siklus II, kemampuan telah mencapai target nilai yang dituju.


Keywords


Edit video, video tutorial, aplikasi kinemaster, peserta didik tunarungu

References


Amka, H. (2021). STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Nizamia Learning Center.

Cindy Rahmi Aulia, M. (2019). Efektivitas Video Tutorial Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Snack Bouquet Pada Anak Tunarungu. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), 1045–1051.

Dhaini, R., & Ardisal, A. (2023). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Kerajinan Suvenir Tas Dari Pelepah Pisang Melalui Media Video Tutorial Bagi Anak Tunarungu Kelas X. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 23042–23048.

Fitri Firdayu, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. 5(6), 6330–6338.

Mulyasa, H. . (2016). Praktik Penelitian Tindakan Kelas (7th ed.). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Novi Yona Sidratul Munti, & Dwi Asril Syaifuddin. (2020). Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1799–1805.

Prathivi, R., Chistanto, F. W., & Utomo, V. G. (2019). Peningkatan Kemampuan Editing Video Untuk Promosi Produk Umkm bagi GKS Kecamatan Tembalang Semarang. 1(1), 90–97.

Rahman, S. (2020). Buku Pintar Video Editing di Android (Edisi Pert). PT Elex Media KOMPUTINDO. https://elexmedia.id/

Subastian, E., & W, A. Z. (2021). MODUL TEKNIK MULTIMEDIA : PENYUNTINGAN VIDEO. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.


Article Metrics

 Abstract Views : 102 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.