Abstract
Penelitian ini membahas tentang edit video karena ada minat peserta didik tunarungu di sekolah SLB N 1 Harau, maka dikenalkan kepada peserta didik salah satu pembahasan edit video yaitu edit video parawisata bagi peserta didk tunarungu. Tujuan pada penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan edit video parawisata pada peserta didik. Karena peserta didik kurang memahami video tutorial yang pada youtube karena ada kendala bahasa untuk mengetahui tentang edit video, maka peneliti membuat video tutorial khusus kepada peserta didik tunarungu agar bisa meningkatkan pemahaman tentang edit video, pemahaman pada fitur – fitur edit pada salah satu aplikasi yaitu aplikasi kinemaster. Penelitian tindakan kelas digunakan untuk penelitian. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan siswa, setelah dilakukan pengukuran pada siklus I, kemampuan diperoleh peserta didik meningkat, namun peningkatan diperoleh masih belum maksimal atau belum mencapai target nilai. Dilanjutkan ke siklus II, kemampuan telah mencapai target nilai yang dituju.