Meningkatkan Keterampilan Tata Rias Memasang Henna Pengantin Melalui Model Direct Instruction Untuk Anak Tunarungu

Dwi Aprilia Anggreni(1), Ardisal Ardisal(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i1.127438

Full Text:    Language : ind

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam merias henna pengantin dengan model direct instruction. Penelitian ini dilakukan melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti dan guru. Siklus penelitian ini terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Observasi, dokumentasi, dan tes perbuatan adalah metode pengumpulan data yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa belajar merias henna pengantin lebih baik. Tempat di mana proses pembelajaran berjalan sesuai dengan rencana. Kemampuan awal siswa masih rendah, dengan skor perolehan A 30% dan T 25,6%. Namun, ketika tindakan diberikan pada sisklus I dan II, kemampuan siswa meningkat secara signifikan, dan pembelajaran menjadi menyenangkan dengan skor Anggi 85,71% dan T 96,42%. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwa model instruksi langsung dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk merias henna pengantin


Keywords


Henna, Direct Instruction, Tunarungu

References


Afandi, Muhamad, Evi Chamalah, and Oktarina Puspita Wardani. (2013). 392 Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT) Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah.

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, Erni Ratna. (2018). “Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas.” PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran 2(1): 44.

Fahmi, Ardisal, Irdamurni. (2013). “Meningkatkan Keterampilan Menjahit Bordir Melalui Layanan Pembelajaran Individual Bagi Anak Tunarungu.” 2(September): 383–95.

Gunawan, Dudi. (2016). Pppptk Tk Dan Plb Bandung Modul Guru Pembelajar Slb Tunarungu Kelompok Kompetensi A.

Zahriani, Zahriani. (2014). “Kontektualisasi Direct Instruction Dalam Pembelajaran Sains.” Lantanida Journal 2(1): 95.


Article Metrics

 Abstract Views : 42 times
 PDF Downloaded : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.