Efektivitas Bermain Bola Warna untuk Mengenal Warna Dasar bagi Anak Disabilitas Intelektual Ringan Kelas II/C Di SLB N 1 Solok

Tiara Gustin Firnanda(1), Ardisal Ardisal(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i1.127357

Full Text:    Language : id

Abstract


Fokus penelitian ini adalah efektifitas bermain bola warna untuk mengenalkan warna dasar bagi anak disabilitas intelektual ringan kelas II/C di SLBN 1 Solok . Tujuan dari penelitian ini adalah mengenalkan  warna dasar ( merah,kuning,biru ) dengan menggunakan bola warna. Eksperimen dengan desain penelitian subjek tunggal (SSR) menjadi tujuan penelitian ini.dengan pola A1,B,A2, berdasarkan fase (A1,B,A2) dengan memasukkan data kedalam  grafik,kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis visual grafis. Subjek yang diteliti adalah  seorang  siswa  dengan hambatan intelektual  ringan kelas II/C di SLBN 1 Solok . Hasil penelitian menunjukkan bahwa bola warna meningkatkan kemampuan pengenalan warna dasar siswa dari tahap dasar (A1) yang dilaksanakan dalam empat sesi yaitu memperoleh skor sebesar  0%, 0%, 0%, 0% . Dalam tahap intervensi (B), yang dilakukan tujuh kali, skor meningkat yaitu 16,6%, 50%, 50%, 66,6%, 83,3%, 83,3% dan 83,3%. Pada fase  baseline kedua  (A2) yang  dilakukan  dalam  4 sesi, diperoleh hasil sebesar  83,3%,   83,3%,   83,3%,  dan   83,3%. Berdasarkan   data yang diumpulkan dapat ditarik kesimpulan  bahwasanya siswa disabilitas intelektual ringan mengalami peningkatan kemampuan mengenal warna dasar setelah menggunakan bola berwarna pada saat pembelajaran mengenal warna primer.

 

 


Keywords


Mengenal warna dasar, Bola warna ,Siswa disabilitas intelektual ringan.

References


Harnin, I… S.., & Damri, D… (2022). Kepedulian sosial masyarakat terhadap anak berkebutuhan khusus kategori c (tunagrahita). Jurnal Basicedu, 6(2), 1782–1791.

Kasiyati, G. K. (2019). Perspektif Pendidikan Anak Tunagrahita. Padang: Sukabina Press.

Marlina, M. (2021). Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal.

Nuvrianti, P. S... (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Permainan Bola Warna di TK Plus AlKautsar Nata Indah Kabupaten Bandung Jawa Barat. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 70–77.

Permata, R… D... (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Permainan Mengelompokkan Bola Warna Pada Anak Usia 4–5 Tahun: Mengembangkan kemampuan mengenal warna. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 11–16.

Rahman, Z., & Ardisal, A. (2019). Pengaruh Metode Tutorial Terhadap Keterampilan Perbengkelan Sepeda Motor Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1), 85–92.

Sunarmi, S… (2016)… Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Permainan Bola-Bola Ajaib Pada Siswa Kelompok B Tk Dharma Wanita 3 Jatiprahu Semester Ii Tahun Pelajaran 2014/2015 Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(2).


Article Metrics

 Abstract Views : 50 times
 PDF Downloaded : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.