The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Fokus penelitian ini adalah efektifitas bermain bola warna untuk mengenalkan warna dasar bagi anak disabilitas intelektual ringan kelas II/C di SLBN 1 Solok . Tujuan dari penelitian ini adalah mengenalkan  warna dasar ( merah,kuning,biru ) dengan menggunakan bola warna. Eksperimen dengan desain penelitian subjek tunggal (SSR) menjadi tujuan penelitian ini.dengan pola A1,B,A2, berdasarkan fase (A1,B,A2) dengan memasukkan data kedalam  grafik,kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis visual grafis. Subjek yang diteliti adalah  seorang  siswa  dengan hambatan intelektual  ringan kelas II/C di SLBN 1 Solok . Hasil penelitian menunjukkan bahwa bola warna meningkatkan kemampuan pengenalan warna dasar siswa dari tahap dasar (A1) yang dilaksanakan dalam empat sesi yaitu memperoleh skor sebesar  0%, 0%, 0%, 0% . Dalam tahap intervensi (B), yang dilakukan tujuh kali, skor meningkat yaitu 16,6%, 50%, 50%, 66,6%, 83,3%, 83,3% dan 83,3%. Pada fase  baseline kedua  (A2) yang  dilakukan  dalam  4 sesi, diperoleh hasil sebesar  83,3%,   83,3%,   83,3%,  dan   83,3%. Berdasarkan   data yang diumpulkan dapat ditarik kesimpulan  bahwasanya siswa disabilitas intelektual ringan mengalami peningkatan kemampuan mengenal warna dasar setelah menggunakan bola berwarna pada saat pembelajaran mengenal warna primer.

 

 


Keywords


Mengenal warna dasar, Bola warna ,Siswa disabilitas intelektual ringan.