Efektivitas Media Block Dienes Meningkatkan Kemampuan Pengurangan 1 Sampai 10 pada Anak Diskalkulia
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v11i2.125880
Full Text: Language : en
Abstract
Anak diskalkulia merupakan anak yang mengalami permasalahan dalam bidang matematika yang ditandai dengan kurangnya kemampuan aritmatika dalam memahami istilah matematika dasar atau operasi hitung seperti pengurangan, penjumlahan, table perkalian atau simbol matematika. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas media block dienes meningkatkan kemampuan pengurangan 1 sampai 10 pada anak diskalkulia. Single subject research (SSR) dengan desain A-B-A merupakan penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan metode visual grafik dalam pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berbentuk tes. Dalam penelitian ini dilaksanakan 15 pertemuan, di mulai dari baseline awal (A1) yang menghasilkan persentase 0%, 0%, 0%, 0%. Pada kondisi intervensi (B) memperoleh persentase 20%, 20%, 30%, 50%, 80%, 80%, 80%. Dan saat baseline (A2) memperoleh persentase 80%, 80%, 80%, 80%. Hasil penelitian dapat disimpulkan dari analisis data menunjukan efektivitas media block dienes meningkatkan pengurangan 1 sampai 10 pada anak diskalkulia menigkat.
Keywords
References
Bagi Anak Diskalkulia. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 9(1), 151–156.
Legi, M. Y. (2021). Penggunaan Blok Dienes untuk Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Penjumlahan Bilangan Cacah pada Siswa Sekolah Dasar Mozes. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 7(1), 115–119. https://doi.org/10.5281/zenodo.4497743
Lestari, M. (2015). Efektifitas Media Block Dienes dalam Meningkatkan Konsep Operasi Pengurangan bagi Siswa Tunarungu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 4(3), 534–541.
Rahmawati, C., & Iswari, M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Pengurangan Deret ke Bawah dengan Teknik Meminjam melalui Block Dienes pada Anak Diskalkulia.
Reafani, S. L., Fatmawati, F., & Irdamurni, I. (2018). Media Puzzel Kartu Angka Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan bagi Anak Diskalkulia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(1), 13. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i1.93
Saleh, M. H., Huriaty, D., & Riadi, A. (2017). Pembelajaran matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tipe slow learners. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 84–92. https://doi.org/10.33654/math.v3i2.58
Article Metrics
Abstract Views : 112 timesPDF Downloaded : 27 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.