Efektivitas Media Block Dienes Meningkatkan Kemampuan Pengurangan 1 Sampai 10 pada Anak Diskalkulia

Cici Indrayeni(1), Jon Efendi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v11i2.125880

Full Text:    Language : en

Abstract


Anak diskalkulia merupakan anak yang mengalami permasalahan dalam bidang matematika yang ditandai dengan kurangnya kemampuan aritmatika dalam memahami istilah matematika dasar atau operasi hitung seperti pengurangan, penjumlahan, table perkalian atau simbol matematika. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas media block dienes meningkatkan kemampuan pengurangan 1 sampai 10 pada anak diskalkulia. Single subject research (SSR) dengan desain A-B-A merupakan penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan metode visual grafik dalam pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berbentuk tes. Dalam penelitian ini dilaksanakan 15 pertemuan, di mulai dari baseline awal (A1) yang menghasilkan persentase 0%, 0%, 0%, 0%. Pada kondisi intervensi (B) memperoleh persentase 20%, 20%, 30%, 50%, 80%, 80%, 80%. Dan saat baseline (A2) memperoleh persentase 80%, 80%, 80%, 80%. Hasil penelitian dapat disimpulkan dari analisis data menunjukan efektivitas media block dienes meningkatkan pengurangan 1 sampai 10 pada anak diskalkulia menigkat.


Keywords


Pengurangan, Media Block Dienes, Diskalkulia

References


Bagi Anak Diskalkulia. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 9(1), 151–156.

Legi, M. Y. (2021). Penggunaan Blok Dienes untuk Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Penjumlahan Bilangan Cacah pada Siswa Sekolah Dasar Mozes. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 7(1), 115–119. https://doi.org/10.5281/zenodo.4497743

Lestari, M. (2015). Efektifitas Media Block Dienes dalam Meningkatkan Konsep Operasi Pengurangan bagi Siswa Tunarungu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 4(3), 534–541.

Rahmawati, C., & Iswari, M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Pengurangan Deret ke Bawah dengan Teknik Meminjam melalui Block Dienes pada Anak Diskalkulia.

Reafani, S. L., Fatmawati, F., & Irdamurni, I. (2018). Media Puzzel Kartu Angka Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan bagi Anak Diskalkulia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(1), 13. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i1.93

Saleh, M. H., Huriaty, D., & Riadi, A. (2017). Pembelajaran matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tipe slow learners. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 84–92. https://doi.org/10.33654/math.v3i2.58


Article Metrics

 Abstract Views : 62 times
 PDF Downloaded : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.