Abstract
Anak diskalkulia merupakan anak yang mengalami permasalahan dalam bidang matematika yang ditandai dengan kurangnya kemampuan aritmatika dalam memahami istilah matematika dasar atau operasi hitung seperti pengurangan, penjumlahan, table perkalian atau simbol matematika. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas media block dienes meningkatkan kemampuan pengurangan 1 sampai 10 pada anak diskalkulia. Single subject research (SSR) dengan desain A-B-A merupakan penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan metode visual grafik dalam pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berbentuk tes. Dalam penelitian ini dilaksanakan 15 pertemuan, di mulai dari baseline awal (A1) yang menghasilkan persentase 0%, 0%, 0%, 0%. Pada kondisi intervensi (B) memperoleh persentase 20%, 20%, 30%, 50%, 80%, 80%, 80%. Dan saat baseline (A2) memperoleh persentase 80%, 80%, 80%, 80%. Hasil penelitian dapat disimpulkan dari analisis data menunjukan efektivitas media block dienes meningkatkan pengurangan 1 sampai 10 pada anak diskalkulia menigkat.