Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Bagi Anak Down Syndrome Kelas IV SDLB di SLB N 1 Sungai Pagu

Riska Alwasih Putri(1), Asep Ahmad Sopandi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1257690.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peran orang tua terhadap pendidikan anak down syndrome yang dilakukan sesuai dengan kedudukannya dengan berperan aktif dan andil sebagai orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua terhadap pendidikan bagi anak down syndrome sebagai pendidik, pendorong, fasilitator, pembimbing, perantara (mediator), panutan (role model), mitra dan supervisor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi kasus kualitatif. Dan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subyek penelitian adalah orang tua JI dan HY sebagai informan utama, serta guru kelas dan kepala sekolah sebagai informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan peran orang tua dalam pendidikan anak down syndrome sebagai pendidik, pendorong, fasilitator, pembimbing, perantara (mediator), panutan (role model), mitra dan supervisor sangat berperan aktif dan ikut andil sehingga berdampak pada progresif aspek kematangan sosial-emosional anak, progresif pada pendidikan anak dan kesejahteraan untuk anak down syndrome.

Kata kunci:

Peran Orang Tua, Pendidikan, Down Syndrome



References


Annisa, & Taufan, J. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Olahraga Bocce bagi Anak Down Syndrome di SLB Negeri 1 Lubuk Basung. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 9(2), 15–24.

Anwar, A. M., Bahri, S., & Muhaeimin. (2021). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Di Sekolah Impian Kecamatan Manggala Kota Makassar. Pinisi Journal of Education, 1–10.

Atikah, N., Marlina, M., & Desyandri. (2021). Analisis hasil belajar siswa ditinjau dari peran orang tua. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2052–2062. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1223%0A

Balli, D. (2016). Importance of Parental Involvement to Meet the Special Needs of their Children with Disabilities in Regular Schools. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 5(1), 147–152. https://doi.org/10.5901/ajis.2016.v5n1p147

Đurišić, M., & Bunijevac, M. (2017). Parental Involvement as a Important Factor for Successful Education. Center for Educational Policy Studies Journal, 7(3), 137–153. https://doi.org/10.26529/cepsj.291

Handayani, S., Marlina, M., & Desyandri. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(1), 125-131.. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8425

Hasbi, M. (2021). Peran Orang Tua Dalam Program Pembelajaran. Jakarta: Direktotrat Pendidikan Anak Usia Dini. 1–48.

Marlina, M. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Khusus, 1–14.

Melati, R., Mulyani, R. R., & Triyono. (2021). Peran Orang Tua Single Parent Terhadap Anak Down Syndrome di Bypass Kecamatan Lubuk Begalung: (Studi Kasus Pada Ayah yang Memiliki Anak Down Syndrome Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepda Masyarakat, 5(1), 1007–1016. http://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/edusociety/article/view/16

Sopandi, A. A. (2013). Pengembangan Kurikulum Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Smk Negeri 4 Padang Dalam Setting Pendidikan Inklusif. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 1-9. https://doi.org/10.24036/pendidikan.v13i1.2217

Temo, A. L. & Marlina, M. (2019). Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita Sedang di SLB N 02 Padang. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 165–174. https://doi.org/10.51529/ijiece.v4i2.166

Wahyuningsih, S. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus: Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, dan Contoh Penelitiannya. Bangkalan - Madura: UTM Press


Article Metrics

 Abstract Views : 92 times
 PDF Downloaded : 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.