Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peran orang tua terhadap pendidikan anak down syndrome yang dilakukan sesuai dengan kedudukannya dengan berperan aktif dan andil sebagai orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua terhadap pendidikan bagi anak down syndrome sebagai pendidik, pendorong, fasilitator, pembimbing, perantara (mediator), panutan (role model), mitra dan supervisor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi kasus kualitatif. Dan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subyek penelitian adalah orang tua JI dan HY sebagai informan utama, serta guru kelas dan kepala sekolah sebagai informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan peran orang tua dalam pendidikan anak down syndrome sebagai pendidik, pendorong, fasilitator, pembimbing, perantara (mediator), panutan (role model), mitra dan supervisor sangat berperan aktif dan ikut andil sehingga berdampak pada progresif aspek kematangan sosial-emosional anak, progresif pada pendidikan anak dan kesejahteraan untuk anak down syndrome.
Kata kunci:
Peran Orang Tua, Pendidikan, Down Syndrome