Layanan Pendidikan Inklusi Melalui Buku Breille dan Audio Visual bagi Siswa Tunanetra

Sinta Nur Haliza(1), Cintami Nur Erika(2), M Ihsan Alfa Robi(3), Endang Pudjiastuti(4), Devina Ramadiani Kamaruddin Nur(5),
(1) Universitas Negeri Surabaya  Indonesia
(2) Universitas Negeri Surabaya  Indonesia
(3) Universitas Negeri Surabaya  Indonesia
(4) Universitas Negeri Surabaya  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v11i2.125591

Abstract


Pentingnya layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus untuk perkembangan manusia, semua warga berhak mendapatkan pendidikan termasuk anak berkebutuhan khusus, karena pendidikan merupakan sebuah proses transformasi pengetahuan menuju ke arah perbaikan, penguatan, dan penyempurnaan semua potensi manusia. Anak berkebutuhan khusus yang mengalami gangguan dalam indra penglihatannya perlu perhatian dalam layanan pendidikannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi literatur, serangkaian kegiatan dengan pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelola bahan penelitian untuk memperoleh data yang relevan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja layanan pendidikan bagi anak tunanetra yang sesuai dengan kebutuhannya. Layanan yang sesuai akan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki secara optimal sesuai dengan kondisinya. Anak-anak dengan gangguan indra penglihatan mengalami kesulitan dalam pendidikannya, namun mereka dapat belajar melalui indra visual dengan menggunakan berbagai teknologi dan teknik pengajaran khusus. Setelah menganalisis dari berbagai sumber yang relevan, penelitian ini menunjukkan beberapa layanan pendidikan bagi tunanetra dalam menentukan keberhasilan tujuan pendidikan serta potensi pada masing-masing siswa.


Keywords


Layanan; pendidikan inklusi; tunanetra.

References


Astuti, E. N. (2019). Pelaksanaan pendidikan inklusif bagi siswa tunanetra di MAN 2 Sleman. Jurnal Widia Ortodidaktika, 8(11), 1174-1180

Bahri , S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 94-100.

Camalia, F., Susanto, H., & Susilo. (2016). Pengembangan audiobook dilengkapi alat peraga materi getaran dan gelombang untuk tunanetra kelas VIII

SMP. unnes physics education journal, 5(2), 66-75.

Hermanto, & Supena, A. (2021). Implementasi pembelajaran daring bagi siswa tunanetra di sekolah dasar. jurnal basicedu, 5(1), 188-194.

Jauhari, A. (2017). Pendidikan inklusi sebagai alternatif solusi mengatasi permasalahan sosial anak penyandang disabilitas. IJTIMAIYA: Journal of Social

Science Teaching, 1(1), 23-28.

Khoeroh, I., Advelia, F., Rosyid, A., & Supena, A. (2020). PELAKSANAAN PENDIDIKAN INKLUSIF UNTUK SISWA DENGAN HAMBATAN

PENGLIHATAN (LOW VISION) DI SEKOLAH DASAR. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(1), 11-21.

Nahlisa, R. M., Rukiyah, & L, C. (2015). Buku braile sebagai jembatan keterbatasan akses informasi siswa tunanetra sekolah luar biasa bagian a dria adi

semarang. jurnal ilmu perpustakaan, 4(2), 1-8.

Ningsih, A. D. (2022). Penyandang disabilitas, antara hak dan kewajiban. Jurnal generasi tarbiyah : jurnal pendidikan islam, 1(2), 92-100.

Praptaningrum, A. (2020). Penerapan bahan ajar audio untuk anak tunanetra tingkat smp di indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 1-9.

Susanti, M., & Zulvianti, N. (2018). Pelayanan pendidikan inklusif bagi tunanetra (studi kasus di IAIN Imam Bonjol Padang). Al-Irsyad: Jurnal

Bimbingan dan konseling Islam, 39-53

Widiastuti, N. L. (2020). Layanan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Gangguan Emosi dan Perilaku. Indonesian Journal Of Educational

Research and Review, 3(2), 1-11


Article Metrics

 Abstract Views : 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.