Meningkatkan Keterampilan Membuat Olahan Pangan dari Buah Menggunakan Model Project Based Learning Pada Siswa Tunagrahita

Azizah Azizah(1), Mega Iswari(2), Evanofrita Evanofrita(3),
(1) Pendidikan Profesi Guru, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) SLB YPPLB Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1253420.64

Full Text:    Language : en=id

Abstract


Permasalahan yang peneliti temukan di kelas VII SLB YPPLB Padang menjadi inspirasi penelitian ini dimana kemampuan siswa dalam keterampilan membuat olahan pangan yang masih rendah. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran membuat olahan pangan melalui metode project based learning. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Metodenya adalah metode obervasi, tes, dokumentasi, metode kuantitatif berdasarkan persentase dari jumlah task analisis membuat olahan pangan sederhana dan metode kualitatif untuk menganalisis aktifitas siswa. Hasil pada penelitian ini menunjukkan melalui penerapan metode project based learning adanya peningkatan pembelajaran membuat olahan pangan. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan siswa RJ kemampuan awal 68%, siklus 1 70%, siklus II 86%, siklus III 90%, RZ kemampuan awal 55%, siklus 1 64%, siklus II 77%, siklus III 85%,DF kemampuan awal 50%, siklus 1 52%, siklus II 65%, siklus III 75%, dan RF kemampuan awal 50%, siklus 1 52%, siklus II 65%, siklus III 75%.


Keywords


Project Based Learning, olahan pangan, tunagrahita

References


Amin, Moh. (1995). Pendidikan Anak Tunagrahita, Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Azizah, N., & Lestari, R. (2021). Pendidikan Inklusif Bagi Anak Tunagrahita. Prosiding SAKTI (Seminar

Nasional Pendidikan Teknik Informatika), 8(1), 76-81.

Gemida, D. (2016). Modul Guru Pembelajar. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak- Kanak dan Pendidikan Luar Biasa, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan.

Kustawan, D. (2016). Bimbingan dan Konseling bagi Anak Berkebutuhan Khusus. PT. LUXIMA METRO MEDIA.

Mega Iswari, Kasiyati, Zulmiyetri, & A. (2017).Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel pada Guru-Guru Sekolah dasar di SD N 17 Limau Manis Padang.Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5, 156–162 https://doi.org/10.29210/119700

Murniarti, E. (2017). Penerapan Metode Project Based Learning. Journal of Education, 3(2), 369–380.

Muthia, Y., & Iswari, M. (2019). Efektivitas Analisis Tugas dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Kerupuk Ikan bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1), 160–165.

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. CV Budi Utama.

R. Sihadi Darmo Wihardjo, H. R. (2021). PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP. Googlebook.Com.

Saptunar. (2012). Meningkatkan Keterampilan Menyetrika Pakaian Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 102–112.


Article Metrics

 Abstract Views : 98 times
 PDF Downloaded : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.