Meningkatkan Keterampilan Membuat Cocopot Melalui Model Project Based Learning Pada Siswa Tunagrahita Ringan
(1) Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) SLB YPPLB Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1253400.64
Full Text: Language : en=id
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di kelas VII/C SLB YPPLB dimana kemampuan siswa dalam keterampilan berbahan dasar serat yang rendah dan guru menggunakan model pembelajaran yang belum mengakomodir kebutuhan siswa. Tujuan penelitian yakni mengetahui proses pelaksanaan dan apakah model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan membuat cocopot di kelas VII/C SLB YPPLB Padang. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Metode analisis data yaitu kualitatif sebagai aktivitas dan hasil keterampilan membuat cocopot, kuantitatif sebagai analisis data hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian, kemampuan awal AF mencapai 33,3%, DA mencapai 36,6%, MA mencapai 53,3%, dan RA mencapai 63,3%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II, hasil perolehan siswa AF mencapai 83,3%, DA mencapai 87,5%, MA mencapai 91,6%, dan RA mencapai 95,8%. Hasil data menunjukkan model project based learning dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat cocopot.
Keywords
References
Arikunto, S. (2018). Evaluasi Program Pendidikan (2nd ed.). Bumi Aksara.
Herwanto, D., Nisah, F. A., & Adikarana, N. A. (2022). Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa Menjadi Pot Bunga Di Sdn. 6, 1802–1807.
Marlina. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus (Marlina (ed.); kedua). UNP Press Padang.
Muthia, Y., & Iswari, M. (2019). Efektivitas Analisis Tugas dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Kerupuk Ikan bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1), 160–165.
Susilowati, D. (2018). Edunomika – Vol. 02, No. 01 (Pebruari 2018) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran Dwi Susilowati. 02(01), 36–46.
Widayanti Ani. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VI(1), 87–93.
Article Metrics
Abstract Views : 132 timesPDF Downloaded : 37 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.