Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di kelas VII/C SLB YPPLB dimana kemampuan siswa dalam keterampilan berbahan dasar serat yang rendah dan guru menggunakan model pembelajaran yang belum mengakomodir kebutuhan siswa. Tujuan penelitian yakni mengetahui proses pelaksanaan dan apakah model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan membuat cocopot di kelas VII/C SLB YPPLB Padang. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Metode analisis data yaitu kualitatif sebagai aktivitas dan hasil keterampilan membuat cocopot, kuantitatif sebagai analisis data hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian, kemampuan awal AF mencapai 33,3%, DA mencapai 36,6%, MA mencapai 53,3%, dan RA mencapai 63,3%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II, hasil perolehan siswa AF mencapai 83,3%, DA mencapai 87,5%, MA mencapai 91,6%, dan RA mencapai 95,8%. Hasil data menunjukkan model project based learning dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat cocopot.