Peningkatan Kemampuan Praktik Bina Diri dengan Menggunakan Fake Nails untuk Siswa Tunagrahita Ringan

Megga Wati(1), Mega Iswari(2), Evanofrita Evanofrita(3),
(1) Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) SLB YPPLB Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1253390.64

Full Text:    Language : en=id

Abstract


Penelitian ini diawali dari permasalah di kelas VIII/C SLB YPPLB Padang yang terdiri dari 4 siswa dengan hasil asesmen awal yang rendah saat memotong kuku. Penelitian bertujuan melatih bina diri siswa saat memotong kuku. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas terdiri dari 3 siklus dengan prosedur siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Metode analisis data yaitu kuantitatif berdasarkan persentase dari jumlah task analisis dan kualitatif untuk menganalisis aktifitas siswa. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa asesmen awal RJ (1,54), siklus  I (2,06), siklus II (2,16),  siklus III (2,30). Asesmen awal AR (1,68),  siklus I (2,04), siklus II (2,12), siklus III (2,22).  RF asesmen awal (1,32), siklus I (1,98), siklus II (1,90), siklus III (2,12). Asesmen awal DF (1,04),  siklus I (1,74), siklus II (1,80), siklus III (1,84). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Fake Nails dapat meningkatkan kemampuan menggunting kuku pada peserta didik tunagrahita.

Keywords


Fake Nails, Memotong Kuku, Tunagrahita

References


Abiyoga, dkk (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Storytelling (Bercerita) dalam Personal Hygiene Terhadap Hyginitas terhadap Hyginitas Kuku pada Anak Sekolah. 4,(1).

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarat: Rineka Cipta

Febrina, Erwita Ayu. Penerapan Model Pembelajaran student Facilitator and Explaining untuk meningkatkan hasil belajar perawatan tangan dan mewarnai kuku pada siswa smk pembangunan daerah lubukk pakam. Diss.Unimed.2018

Imansyah, M. R., & Muhid, A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemandirian Pada Penyandang Disabilitas Melalui Pelatihan Kemandirian ADL (Activity of Daily Living). In PEKSOS: Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial (Vol. 21, Issue 1).

Iswari, M. (2008). Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Kesehatan, K.R. (2017). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Syarat Kecakapan Khusus Krida Bina Keluarga Sehat. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI

Mega Iswari, Kasiyati, Zulmiyetri, & A. (2017). Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel pada Guru-Guru Sekolah dasar di SD N 17 Limau Manis Padang. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5, 156–162 https://doi.org/10.29210/119700

Nurdin, I., & Hidayat, F. R. (2018). Hubungan Memotong Kuku dan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Sekolah dengan Kejadian Diare pada Kelas IX di SMPN 36 Kelurahan Rapak Dalam Samarinda Seberang Tahun 2018.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 157 tahun 2014 tentang Kurikulum Pendidikan Khusus.

Rahmiati, Mutia Putri (2022). Monograf Kreatifitas mahasiswa dalam Nail art. Padang:Muharika Rumah Ilmiah

Sumekar, G. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press


Article Metrics

 Abstract Views : 107 times
 PDF Downloaded : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.