Efektivitas Media Komik Strip dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kalimat Sederhana bagi Gangguan Spektrum Autisme

Aqsa Maretra Lenka(1), Mega Iswari(2), Rahmahtrisilvia Rahmahtrisilvia(3), Arisul Mahdi(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1250860.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini mengangkat permasalahan seorang anak dengan gangguan spektrum autisme kelas V di SLB Autisma YPPA padang yang belum mampu membaca kalimat sederhana yang terdapat huruf ng dan ny. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan efektivitas media komik strip dalam meningkatkan kemampuan membaca kalimat sederhana untuk anak gangguan spektrum autism kelas V di SLB Autisma YPPA Padang.Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dalam bentuk single subject research dan desain A-B. Desain A-B meliputi A yaitu fase baseline yang merupakan kondisi awal atau keadaan alamiah anak sebelum intervensi, selanjutnya fase B ialah kondisi saat diberikannya intervensi. Dengan menggunakan desain A-B ini, peneliti dapat mengukur kemampuan anak Gangguan Spektrum Autisme dalam membaca kalimat sederhana yang terdapat huruf ng dan ny. Sebelum diberikan intervensi dan kemampuan akhir atau kemampuan yang diharapkan pada anak setelah diberikan intervensi berupa pembelajaran menggunakan Media komik strip. Hasil penelitian yang dilakukan adalah pada fase (A) sebanyak tiga kali pertemuan, persentase kemampuan Z yaitu 25% 25% 25%. Pada fase (B) sebanyak Sembilan pertemuan, persentase kemampuan Z yaitu 37,5% , 50%, 50%, 62,5%, 62%%, 75%, 87,5%, 87,5%, 87,5%, 87,5%. Dilihat dari data, terdapat peningkatan yang positif terhadap kemampuan Z. Sehingga media komik strip ini efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca kalimat sederhana bagi anak dengan Gangguan Spektrum Autisme.


Keywords


Kalimat Sederhana, Komik Strip, Gangguan Spektrum Autisme.

References


Ayuning, A., Pitaloka, P., Fakhiratunnisa, S. A., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus.

MASALIQ : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 26–42. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/masaliq

Karmila, Yanti, and Mega Iswari. "Mengurangi Perilaku Berkata Negatif Melalui Prosedur Aversi Pada Anak Autis X."

Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 6.1 (2017).

Marpiantini, N. M., Kristiantari, M. G. R., & Gading, I. K. (2022). Pengembangan Media Strip Comic Berbasis Android

Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 167–178.

https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.664

Iswari, Mega. (2018). Pendidikan Anak Autis (T. Pena (ed.)).

Iswari, Mega, et al. "Bermain Peran: Sebuah Metode Pembelajaran Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosialisasi Anak

Autis." Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus 2.2 (2018): 39-42.

Iswari, Mega, Elsa Efrina, and Kasiyati Kasiyati. "Model Bermain Peran dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak

Autis di Sekolah Dasar Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Kota Padang." (2018)

Hilda Hadian, L., Mochamad Hadad, S., & Marlina, I. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan

Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212–242.

https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73

Marpiantini, N. M., Kristiantari, M. G. R., & Gading, I. K. (2022). Pengembangan Media Strip Comic Berbasis Android

Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 167–178.

https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.664

Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Dr. Marlina, S.Pd., M. S. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Prenadamedia

Group.Belajar.


Article Metrics

 Abstract Views : 107 times
 PDF Downloaded : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.