The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini mengangkat permasalahan seorang anak dengan gangguan spektrum autisme kelas V di SLB Autisma YPPA padang yang belum mampu membaca kalimat sederhana yang terdapat huruf ng dan ny. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan efektivitas media komik strip dalam meningkatkan kemampuan membaca kalimat sederhana untuk anak gangguan spektrum autism kelas V di SLB Autisma YPPA Padang.Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dalam bentuk single subject research dan desain A-B. Desain A-B meliputi A yaitu fase baseline yang merupakan kondisi awal atau keadaan alamiah anak sebelum intervensi, selanjutnya fase B ialah kondisi saat diberikannya intervensi. Dengan menggunakan desain A-B ini, peneliti dapat mengukur kemampuan anak Gangguan Spektrum Autisme dalam membaca kalimat sederhana yang terdapat huruf ng dan ny. Sebelum diberikan intervensi dan kemampuan akhir atau kemampuan yang diharapkan pada anak setelah diberikan intervensi berupa pembelajaran menggunakan Media komik strip. Hasil penelitian yang dilakukan adalah pada fase (A) sebanyak tiga kali pertemuan, persentase kemampuan Z yaitu 25% 25% 25%. Pada fase (B) sebanyak Sembilan pertemuan, persentase kemampuan Z yaitu 37,5% , 50%, 50%, 62,5%, 62%%, 75%, 87,5%, 87,5%, 87,5%, 87,5%. Dilihat dari data, terdapat peningkatan yang positif terhadap kemampuan Z. Sehingga media komik strip ini efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca kalimat sederhana bagi anak dengan Gangguan Spektrum Autisme.


Keywords


Kalimat Sederhana, Komik Strip, Gangguan Spektrum Autisme.