Meningkatkan Keterampilan Mencuci Sepeda Motor Menggunakan Teknik Modelling pada Anak Tunagrahita Ringan

Ardi Firdaus(1), Mega Iswari(2), Damri Damri(3), Iga Setia Utami(4), Gaby Arnez(5),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1250490.64

Full Text:    Language : 

Abstract


Anak tunagrahita umumnya mengalami masalah pada intelektual, salah satunya sulit dalam memahami dan mengimplementasikan pembelajaran vokasional. Berdasarkan hasil asesmen, ditemukan anak tunagrahita ringan kelas VIII di SLB Negeri 2 Padang. Pemilihan subjek dilakukan secara observasi dan tes perbuatan. Teknik modelling ialah teknik dalam pembelajaran yang dapat diterapkan pada anak tunagrahita agar anak lebih mudah dipahami dan mengerti pembelajaran yang sedang dipelajari. Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan kemampuan anak tunagrahita kelas VIII/C dalam meningkatkan keterampilan mecuci sepeda motor menggunakan teknik modelling. Desain yang digunakan ialah desain subjek tunggal/SSR yang berpola A-B-A. Penelitian dilakukan selama 13 kali pertemuan dengan A1 dilaksanakan sebanyak tiga kali dan anak mendapatkan persentase sebanyak 45%,45%,45%, B dilaksanakan sebanyak enam kali pertemuan serta anak mendapatkan persentase sebanyak 57%,64%,75%,80%,80%, 80% dan A2 dilaksanakan sebanyak empat kali sehingga anak mendapatkan persentase sebanyak 80%,85%,85%,85%. Hasil penelitian memperlihatkan bagaimana penggunaan teknik modelling dapat meningkatkan kemampuan anak-anak tunagrahita ringan dalam mencuci sepeda motor.


Keywords


Mencuci Sepeda Motor, Teknik Modelling, Anak Tunagrahita Ringan

References


Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1).

Cendaniarum, W. B., & Supriyanto. (2020). Pengelolaan Layanan Keterampilan Vokasional Siswa Tunarungu. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(3), 167–177.

Istiqomah, K., & Sartinah, E. P. (2016). Teknik Modelling Terhadap Kemampuan Toilet Training Anak Cerebral Palsy TKLB/D-D1. 1–9.

Iswari, M., & Putri, R. E. (2018). Media Video Tutorial dalam Keterampilan Membuat Boneka dari Kaus Kaki Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 178–185.

Marlina, M. (2021). Single Subject Research (Penelitian Subjek Tunggal).

Meidiningsih, N., & Iswari, M. (2020). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Melukis Menggunakan Benang melalui Multi Metode bagi Peserta Didik Tunarungu Kelas VIII di SLB YPPLB Padang. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), 197–204.

Muthia, Y., Aini, Q., & Iswari, M. (2019). Efektivitas Analisis Tugas dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Kerupuk Ikan bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1), 160–165.

Puspitasari, T., Susilo, B., & Coastera, F. F. (2016). Implementasi Metode Dempster-shafer Dalam Sistem Pakar Diagnosa Anak Tungrahita Berbasis Web. Jurnal Rekursif, 4(1), 1–13.

Rizqi, A. N., & Sartinah, E. P. (2020). Model Pembelajaran Langsung Dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Mencuci Motor Anak Tunagrahita Ringan. Pendidikan Khusus, 2–9.

Yasmin, N. S., & Iswari, M. (2021). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Bunga Mawar dari Sabun melalui Pendekatan Keterampilan Proses bagi Anak Tunagrahita Ringan. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(3), 191–195. https://doi.org/10.38035/rrj.v3i3.337


Article Metrics

 Abstract Views : 142 times
 PDF Downloaded : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.