Efektivitas Game Edukasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Datar Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV

Sasgia Nofrihensi(1), Mega Iswari(2), Nurhastuti Nurhastuti(3), Grahita Kusumastuti(4), Safaruddin Safaruddin(5),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1249050.64

Full Text:    Language : ind

Abstract


Penelitian ini dijalankan karena adanya perhatian terhadap seorang murid dengan tunagrahita ringan di kelas IV di SLB Perwari Padang yang mengalami kesulitan dalam mengenal bangun datar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal bangun datar pada anak tunagrahita ringan dengan menggunakan game edukasi.  Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan metode penelitian single subject research (SSR).. Rancangan penelitian ini melibatkan dua tahap, yaitu tahap baseline (A), dan intervensi (B). Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan uji kemampuan (tes), dan hasil yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis dalam kondisi serta analisis antar kondisi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada tahap awal baseline (A), kemampuan anak dalam mengenal bangun datar memiliki presentase sebesar 44,4% pada setiap pengukuran. Namun, setelah melalui tahap intervensi (B), terjadi peningkatan signifikan dalam kemampuan mengenal bangun datar anak, dengan presentase yang mencapai 66,6%, 83,3%, 83,3%, 83,3%, 83,3%, 88,8%, 88,8%, 88,8%, 88,8%, dan 94,4%. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan game edukasi efektif dalam meningkatkan kemampuan anak tunagrahita ringan dalam mengenal bangun datar.


Keywords


Anak Tunagrahita Ringan, Bangun Datar, Game Edukasi

References


Afriyanti, D., & Ardisal. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Media Game Edukasi Untuk Anak Tunagrahita Di Slb Perwari Padang.JournalofMultidicsiplinaryResearchand Development, 2(1), 154–161. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/206/192

Budiman, E., Hasudungan, R., & Khoiri, A. (2017). Online Game “ Pics and Words ” Sebagai Media Edukasi Bahasa Inggris Berbasis Html. Prosiding Seminar Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 2(1), 1–6. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/SAKTI/article/download/289/pdf

Iswari, M. (2008). Kecakapan Hidup bagi Anak Berkebutuhan Khusus. unp press.

Kasiyati, & Kusumastuti, G. (2019). Perspektif Pendidikan Anak Tunagrahita. Sukabina Press.

Marlina, M. (2021). Single Subject Research ( indi Vidyafi (ed.); 1st ed.). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Muthia, Y., Aini, Q., & Iswari, M. (2019). Efektivitas Analisis Tugas dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Kerupuk Ikan bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1), 160–165.

Pradhitya, R.F., Yunianta, T.N.H., & Ratu, N. (2017). Profil Berpikir Geometri Siswa Tunagrahita berdasarkan Tingkatan. 8(1), 85–93.

Priatna, N., & Yuliardi, R. (2018). Pembelajaran Matematika Untuk Guru SD dan Calon Guru SD.

Ramadhan, K., Astuti, L. W., & Verano, D. A. (2015). Game Edukasi Tebak Gambar Bendera Negara Menggunakan Metode Linear Congruential Generator (LCG) Berbasis Android. Jurnal Informatika Global, 6(1), 27–32.

Suryaningrum, C. W. (2017). Menanamkan Konsep Bentuk Geometri (Bangun Datar). Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 3(1), 1–8.

Yulia, Y., Purba, N. M. B., & Nasir, J. (2019). Aplikasi Game Edukasi Matematika Berbasis Android. Indonesian Journal of Computer Science, 8(2), 101–112. https://doi.org/10.33022/ijcs.v8i2.196


Article Metrics

 Abstract Views : 271 times
 PDF Downloaded : 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.