Efektivitas Media Batang Cuisenaire Untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan Pada Anak Slow Learner

Intan Suri Ditria(1), Mega Iswari(2), Irdamurni Irdamurni(3), Johandri Taufan(4), Gaby Arnez(5),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1249020.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Permasalahan anak slow learner kelas V belum mampu melakukan operasi pengurangan deret kesamping bilangan 1 sampai 20 menjadi latar belakang penelitian ini. Berdasarkan permasalahan yang teridentifikasi, diperlukan media untuk meningkatkan kemampuan pengurangan pada bilangan 1 sampai 20. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan keefektifan media batang Cuisenaire dalam membantu siswa kelas V SD Negeri 14 Pauh yang kesulitan dalam operasi pengurangan. Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A adalah format yang digunakan untuk jenis penelitian ini. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes tindakan gaya checklist dan alat analisis visual grafis. Hasil dari penelitian dalam kondisi kontrol (A1) adalah 5%, 5%, 5%, dan 5%. Pada kondisi intervensi (B) adalah 15%, 20%, 30%, 35%, 50%, 50%, 65%, dan 85%. Hasil dalam kondisi kontrol (A2) adalah 85%, 85%, 85%, dan 85%. Berdasarkan data penelitian, batang Cuisenaire efektif dalam meningkatkan kemampuan operasi pengurangan bilangan 1 sampai 20 pada anak slow learner.


Keywords


Operasi Pengurangan, Batang Cuisenaire, Slow Learner

References


Azlin, R., & Iswari, M. (2020). Efektifitas Media Mesin Hitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Penjumlahan Pada Anak Kesulitan Belajar. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), 29–37.

Khabibah, N. (2017). Penanganan instruksional bagi anak lambat belajar (slow learner). Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 19(2), 26–32.

Marlina. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus (Pendekatan Psikoedukasional).

Marlina, M. (2021). Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Nataliya, P. (2015). Efektivitas penggunaan media pembelajaran permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 343–358.

Rahmawati, C., & Iswari, M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Pengurangan Deret ke Bawah dengan Teknik Meminjam melalui Block Dienes pada Anak Diskalkulia. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 10(2).

Sundayana, R. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Media Alfabeta.

Tarjiah, I. (2021). Lambat Belajar (Slow Learner). Slow Learner, 37.


Article Metrics

 Abstract Views : 287 times
 PDF Downloaded : 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.