The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Permasalahan anak slow learner kelas V belum mampu melakukan operasi pengurangan deret kesamping bilangan 1 sampai 20 menjadi latar belakang penelitian ini. Berdasarkan permasalahan yang teridentifikasi, diperlukan media untuk meningkatkan kemampuan pengurangan pada bilangan 1 sampai 20. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan keefektifan media batang Cuisenaire dalam membantu siswa kelas V SD Negeri 14 Pauh yang kesulitan dalam operasi pengurangan. Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A adalah format yang digunakan untuk jenis penelitian ini. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes tindakan gaya checklist dan alat analisis visual grafis. Hasil dari penelitian dalam kondisi kontrol (A1) adalah 5%, 5%, 5%, dan 5%. Pada kondisi intervensi (B) adalah 15%, 20%, 30%, 35%, 50%, 50%, 65%, dan 85%. Hasil dalam kondisi kontrol (A2) adalah 85%, 85%, 85%, dan 85%. Berdasarkan data penelitian, batang Cuisenaire efektif dalam meningkatkan kemampuan operasi pengurangan bilangan 1 sampai 20 pada anak slow learner.


Keywords


Operasi Pengurangan, Batang Cuisenaire, Slow Learner