Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Berkesulitan Belajar Matematika Melalui Aplikasi Wordwall Quiz

Sari Afriani(1), Johandri Taufan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1246020.64

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa konsentrasi belajar pada siswa yang mengalami hambatan dalam pembelajaran matematika di SDN 18 Koto Luar Padang dapat meningkat dengan menggunakan aplikasi wordwall quiz. Sebuah platform bernama Wordwall menawarkan berbagai elemen yang bagus untuk pembelajaran dengan desain berbeda dalam bentuk permainan. AECT (Asosiasi Komunikasi dan Teknologi Pendidikan) mengembangkan sumber belajar berbasis teknologi wordwall. Ada beberapa fitur permainan yang terdapat didalam aplikasi wordwall seperti kuis, teka teki, tebakan gambar dan lainnya. Sedangkan didalam penelitian ini penulis melakukan modifikasi permainan di aplikasi wordwall dengan memuat fitur wordwall berbentuk kuis gameshow. Penelitian subjek tunggal dengan desain A-B-A merupakan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini. Desain A-B-A melibatkan pengukuran perilaku target pertama pada baseline (A1) untuk jangka waktu yang telah ditentukan, kemudian pada kondisi intervensi (B), dan terakhir pada baseline kedua (A2). Berdasarkan temuan analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi, siswa SDN 18 Koto Luar Padang yang mengalami kesulitan belajar dalam pembelajaran matematika di kelas IV meningkat sejak intervensi aplikasi kuis wordwall diberikan.

 


Keywords


wordwall quiz, kesulitan belajar matematika, konsentrasi belajar.

References


Ahmad Sopandi, A., & Putri, S. (2018). Kemampuan Menulis Pada Anak Berkesulitan Belajar Melalui Media Grafis. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2 No. 1.

Aidah, N. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Di Sdn Ciracas 05 Pagi.

Aufa Makmur, N., & Marlina, M. (2023). Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Attention Deficit Hyperactive Disorder dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Station Rotation. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, , 11, 1.

Aviana, R., & Fatichatul Hidayah, F. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia Di Sma Negeri 2 Batang.

Marlina, M., Kusumastuti, M., & Ediyanto, G. (2023). Differentiated learning assessment model to improve involvement of special needs students in inclusive schools. In International Journal of Instruction (Vol. 16, Issue 4).

Marlina. (2021). Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Novita Sari, R., Nazmi, R (2021). Pengaruh Game Word Wall Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas X Mipa Sma 2 Lubuk Basung. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2), 76–83.

Nur Linasari, R. (2015). Upaya Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas Iv Melalui Penerapan Teknik Kuis. Lumbung Pustaka.

Nuraeni, F., Rahayu, P., Hasyim, B., Septiani, D., Ajeng Khuluqiyah, D., & Adria Nurinsani, D. (2023). Pengaplikasian Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar Application of Wordwall as Learning Media Interactive in Elementary School. In Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri (Vol. 2, Issue 1).

Safitri, M., Nazliati, & Rasyid, M. N. (2022). Penerapan Media Web Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa di SMP Negeri 2 Langsa. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 47–56.

Taufan, J., Ardisal, A., & Konitah, K. Y. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Disleksia di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Jurnal Basicedu, 4(4), 1149–1159.

Yuliana, S. (2014). Pengaruh Latihan Identifikasi Objek terhadap Peningkatan Konsentrasi Anak Tunagrahita Ringan di SPLB - C YPLB Cipaganti. JASSI, 13.


Article Metrics

 Abstract Views : 312 times
 PDF Downloaded : 371 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.