The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa konsentrasi belajar pada siswa yang mengalami hambatan dalam pembelajaran matematika di SDN 18 Koto Luar Padang dapat meningkat dengan menggunakan aplikasi wordwall quiz. Sebuah platform bernama Wordwall menawarkan berbagai elemen yang bagus untuk pembelajaran dengan desain berbeda dalam bentuk permainan. AECT (Asosiasi Komunikasi dan Teknologi Pendidikan) mengembangkan sumber belajar berbasis teknologi wordwall. Ada beberapa fitur permainan yang terdapat didalam aplikasi wordwall seperti kuis, teka teki, tebakan gambar dan lainnya. Sedangkan didalam penelitian ini penulis melakukan modifikasi permainan di aplikasi wordwall dengan memuat fitur wordwall berbentuk kuis gameshow. Penelitian subjek tunggal dengan desain A-B-A merupakan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini. Desain A-B-A melibatkan pengukuran perilaku target pertama pada baseline (A1) untuk jangka waktu yang telah ditentukan, kemudian pada kondisi intervensi (B), dan terakhir pada baseline kedua (A2). Berdasarkan temuan analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi, siswa SDN 18 Koto Luar Padang yang mengalami kesulitan belajar dalam pembelajaran matematika di kelas IV meningkat sejak intervensi aplikasi kuis wordwall diberikan.

 


Keywords


wordwall quiz, kesulitan belajar matematika, konsentrasi belajar.