Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa konsentrasi belajar pada siswa yang mengalami hambatan dalam pembelajaran matematika di SDN 18 Koto Luar Padang dapat meningkat dengan menggunakan aplikasi wordwall quiz. Sebuah platform bernama Wordwall menawarkan berbagai elemen yang bagus untuk pembelajaran dengan desain berbeda dalam bentuk permainan. AECT (Asosiasi Komunikasi dan Teknologi Pendidikan) mengembangkan sumber belajar berbasis teknologi wordwall. Ada beberapa fitur permainan yang terdapat didalam aplikasi wordwall seperti kuis, teka teki, tebakan gambar dan lainnya. Sedangkan didalam penelitian ini penulis melakukan modifikasi permainan di aplikasi wordwall dengan memuat fitur wordwall berbentuk kuis gameshow. Penelitian subjek tunggal dengan desain A-B-A merupakan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini. Desain A-B-A melibatkan pengukuran perilaku target pertama pada baseline (A1) untuk jangka waktu yang telah ditentukan, kemudian pada kondisi intervensi (B), dan terakhir pada baseline kedua (A2). Berdasarkan temuan analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi, siswa SDN 18 Koto Luar Padang yang mengalami kesulitan belajar dalam pembelajaran matematika di kelas IV meningkat sejak intervensi aplikasi kuis wordwall diberikan.