Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Protokol Kesehatan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Jigsaw) Pada Mata Pelajaran Bina Diri
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
Full Text: Language : en
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kinerja guru dalam meningkatkan kemampuan menggunakan protokol kesehatan melalui model pembelajaran kooperatif tipe (jigsaw) bagi anak tunagrahita ringan di SLB N 1 Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk memperbaiki proses pendidikan melalui perubahan, mendorong para guru, atau tutor untuk memikirkan praktik mengajar sendiri. Penelitian ini dilakukaan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas II. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan anak tunagrahita ringan berjumlah 3 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menggunakan protokol kesehatan. Pada kondisi awal mendapatkan perolehan nilai AR 34,61%. Pada siklus I terjadi peningkatan 65, 38% dan siklus II juga terjadi peningkatan 92,30%. RA mendapatkan nilai pada siklus awal 30,76%. Pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan menjadi 57,69% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,46%. Sedangkan FK mendapatkan nilai pada kondisi awal 23,07%. Pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan menjadi 36,15% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 84,61%.
Keywords
References
Anggraini, P. &. (2015). Hardiness Dan Subjective Well Being Pada Perawat. Jurnal Empati. 4 (4), 73-77.
Dewi Agus Triani. (2016). Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Jigsaw Di Perguruan Tinggi. 10 No. 2 J, 223-224.
KEMENDAGRI. (2020). Pedoman Manajemen Bagi Pemerintah Daerah Dalam Penanganan Covid-19 dan Dampaknya.
Muhammad, A.r. & Malik, D. . (2020). Anies tutup lokasi wisata di Jakarta pindah ke puncak Bogor.
Pratiwi. (2020). Gambaran Penggunaan Masker di Masa Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat di Kabupaten Muna. Literacy Institute, 54-55.
WHO. (2020). Coronavirus Desease 2019 (Covid19) Situation report-94. WHO.
Article Metrics
Abstract Views : 132 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 58 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.