The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kinerja guru dalam meningkatkan kemampuan menggunakan protokol kesehatan  melalui model pembelajaran kooperatif tipe (jigsaw) bagi anak tunagrahita ringan di SLB N 1 Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk memperbaiki proses pendidikan melalui perubahan, mendorong para guru, atau tutor untuk memikirkan praktik mengajar sendiri. Penelitian ini dilakukaan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas II. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan anak tunagrahita ringan berjumlah 3 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menggunakan protokol kesehatan. Pada kondisi awal mendapatkan perolehan nilai AR 34,61%. Pada siklus I terjadi peningkatan 65, 38% dan siklus II juga terjadi peningkatan 92,30%. RA mendapatkan nilai pada siklus awal 30,76%. Pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan menjadi 57,69% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,46%. Sedangkan FK mendapatkan nilai pada kondisi awal 23,07%. Pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan menjadi 36,15% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 84,61%.


Keywords


Protokol Kesehatan; Jigsaw; tunagrahita ringan